Asam Lambung Naik, Ini 5 Cara Alami Mengatasinya

Kembali ke bahan alami untuk atasi asam lambung. Foto: (hallosehat.com)

Bosscha.id – Asam lambung sangat diperlukan tubuh untuk membantu mencerna makanan. Akan tetapi, produksi asam lambung yang terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh. Asam lambung yang terlalu banyak dapat naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi ini disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease). Gejala yang ditimbulkan GERD meliputi sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, mulut terasa asam/pahit karena asam lambung naik ke kerongkongan, dan perut terasa tidak nyaman.

Penyebab pasti melemahnya katup antara kerongkongan bagian bawah dengan lambung belum diketahui secara jelas, tetapi ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena GERD, di antaranya: Kondisi medis tertentu, gastritis (peradangan pada dinding lambung), dan gastroparesis (perlambatan gerakan lambung), Kelebihan berat badan ataupun obesitas, Merokok, dan Konsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti makanan berlemak, coklat, kopi, dan alkohol dalam jumlah banyak.

Mengobati asam lambung tidak lepas dari usaha untuk memperbaiki pola hidup, mulai gaya hidup sehat. Selain itu banyak juga obat-obatan kimia yang bisa meredakan masalah ini. tapi selain dengan obat kimia asam lambung dapat diobati dengan sejumlah bahan alami. Lantas, apa saja obat asam lambung alami yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan asam lambung?, berikut ini bosscha.id akan merangkum 5 bahan alami yang bisa meredakan gejala ini.

Lidah Buaya

Lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan akibat asam lambung naik. Journal of Traditional Chinese Medicine, mengatakan dengan minum 10 mililiter jus lidah buaya setiap hari selama 4 minggu Anda bisa membuat asam lambung membaik. Bahkan, lidah buaya ini bisa menghilangkan gejala lain seperti mual dan muntah.

Lidah buaya ini baiknya dijus dan dikonsumsi sebelum makan.

Jahe

Minum atau makan jahe juga bisa jadi cara mengobati asam lambung secara alami. Jahe dapat memberikan respons gastroprotektif, yaitu mencegah peningkatan kadar asam lambung. Selain itu, jahe juga berfungsi untuk melawan bakteri Helicobacter pylori, yakni bakteri yang hidup pada asam lambung. Adanya bakteri tersebut ditengarai akan memperparah kondisi penyakit asam lambung.

Baca Juga:   Sejarah 24 September: Hari Tani Nasional, Perjuangan Petani Terlepas dari Sistem Feodal

Campurkan jahe dengan segelas air panas, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Anda juga bisa menambahkan lemon untuk menambah cita rasa. Minum air jahe setengah jam sebelum makan.

Teh Chamomile

Untuk menetralkan asam lambung, Anda juga bisa minum teh chamomile. Obat alami asam lambung ini dapat diminum sebelum tidur, tepatnya satu jam sebelum tidur. Selain mengobati asam lambung naik, teh chamomile juga efektif untuk meredakan stres yang menjadi salah satu pemicu asam lambung naik.

Resep sederhana untuk atasi asam lambung bisa memakai bahan alami/(Bosscha.id)

Rebus daun chamomile, lalu tunggu selama kurang lebih 1 menit. Produk teh chamomile saat ini banyak dijumpai di supermarket. Guna menambah cita rasa, Anda bisa mencampur teh chamomile dengan lemon atau madu.

Baking Soda

Minuman teh yang diberi sedikit baking soda juga ampuh untuk meredakan nyeri dan heartburn di sekitar area dada akibat asam lambung naik. Masukkan 1 sendok teh soda ke dalam teh yang telah diseduh, aduk perlahan, kemudian minum.

Lakukan cara mengobati asam lambung secara alami ini berulang-ulang sesuai kebutuhan, dengan catatan tidak lebih dari 7 kali pemakaian dalam sehari. Konsumsi teh baking soda ini juga baiknya maksimal 1 minggu. Penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti perut mual dan pembengkakan.

Permen Karet

Ini memang terdengar agak anaeh, tapi sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Dental Research mengungkapkan fakta menarik, bahwa permen karet bisa menurunkan asam lambung, tapi dengan catatan permen karet yang dikunyah harus bebas gula.

Setelah selesai makan, Anda bisa mengunyah permen karet selama 30 menit. Permen karet bisa dijadikan alternatif obat asam lambug alami karena saat mengunyah permen karet, produksi air liur akan mengalami peningkatan. Air liur sendiri berfungsi untuk ‘membersihkan’ asam lambung.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password