Sibuk Kerja, Tidak Sempat Olahraga ? Inilah 4 Cara Mengatasinya

Sibuk Kerja, Tidak Sempat Olahraga ? Inilah 4 Cara Mengatasinya 19
Bersepeda ke yempat kerja menjadi solusi mengakali kurangnya waktu berolahraga. Foto: (Shutterstock)

Bosscha.id – Melakukan olahraga secara teratur adalah hal yang agak sulit untuk dilakukan. Padahal jika sering melakukan itu secara teratur, kita bisa menjaga tubuh tetap ideal dan segar, olahraga juga tentu akan membuat tubuh tetap sehat.

Sayangnya, tidak semua orang mau menyediakan waktunya untuk berolahraga. Salah satu alasan klasik yang sering didengar adalah kesibukan, atau mungkin beberapa dari kita memang malas untuk melakukannya. Jangankan ke gym, bahkan untuk ke luar rumah hanya sekedar jalan pagi saja terkadang tidak sempat.

Mengapa kesibukan disebut sebagai alasan klasik, pasalnya kalau memang benar-benar mempunyai niat yang kuat, kesibukan itu tidak akan menjadi halangan untuk melakukan olahraga. Apa lagi, ada banyak jenis olahraga yang sama sekali tidak memerlukan banyak waktu dan biaya lebih. 

Lantas, bagaimana caranya agar kita memiliki semangat untuk berolahraga di tengah kesibukan rutinitas?. Kali ini bosscha.id akan berbagi 4 cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati hal itu. 

Merubah gaya hidup

Sebelum mengatur jadwal rutin untuk olahraga. Kita harus mengawali dengan cara merubah gaya hidup agar rencana olahraga bisa berjalan dengan baik.

Kita tentu membutuhkan energi yang cukup untuk melakukan berbagai kesibukan dan olahraga. Itu sebabnya, kita perlu memiliki waktu tidur yang teratur, setidaknya 8 jam setiap hari. Cobalah untuk tidur di waktu yang sama setiap harinya. Selain itu, kurangilah asupan kafein agar tubuh tetap bugar ketika bangun di pagi hari.

Menanamkan niat yang kuat untuk dapat berolahraga juga bisa membantu meningkatkan motivasi untuk rutin menjalankan kegiatan ini. Dengan begitu, kita lebih siap untuk mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan, baik di pagi hari, ketika istirahat, maupun di malam hari.

Manfaatkan aplikasi olahraga

Cara jitu mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan adalah dengan cara mengunduh aplikasi olahraga, yang banyak tersedia di smartphone kota. Cara ini dapat dilakukan untuk mencatat dan memantau keberhasilan kita berolahraga.

Baca Juga:   Sejarah 14 Oktober: Lahirnya Sosok Polisi yang Tak Bisa “Dibeli”, Jendral Hoegeng

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aplikasi olahraga dapat menarik minat orang untuk olahraga, sehingga seseorang dapat meningkatkan kemampuan olahraganya melalui fitur-fitur yang tersedia dalam berbagai aplikasi olahraga yang ada.

Bahkan aplikasi olahraga yang ada saat ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan kita untuk berolahraga. Kita bisa menentukan lokasi yang tepat beserta jadwal yang bisa disesuaikan.

Bersepeda ke tempat kerja

Cara ini adalah cara paling ampuh jika kita benar-benar tak memiliki waktu luang untuk berolahraga. Dengan cara bersepeda menuju tempat kerja, kita bisa membuat tubuh menjadi bugar dan sehat. Jika hal ini terasa berat untuk dilakukan setiap hari, maka kita bisa mengatur waktu kapan saatnya bersepada ke tempat kerja, minimal 1 minggu sekali itu juga sudah cukup, asal konsisten dilakukan. Karena berolahraga pada saat sibuk memang membutuhkan kedisiplinan dan keselarasan. Dengan cara ini, kita bisa menjadi lebih konsisten dalam melakukannya.  

Lakukan olahraga dengan durasi pendek

Kita bisa melakukan olahraga HIIT (High Intensity Interval Training) dengan durasi anatara 10 sampai 15 menit. Bisa kita lakukan di rumah sebelum berangkat kerja atau bahkan di kantor ketika jam istirahat. Lakukan gerakan-gerakan mudah seperti jumping jackplank, atau squat. Meski waktunya sebentar, olahraga ini mampu membakar lemak dan memperlancar proses metabolisme tubuh. Apalagi kalau ini konsisten dilakukan setiap hari, pasti dampak positif akan terasa pada tubuh kita.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password