Sejarah 11 Oktober: Lahirnya Legenda Bollywood Amitabh Bachchan

Sejarah 11 Oktober: Lahirnya Legenda Bollywood Amitabh Bachchan 19
Amitabh Bachchan tak berhenti berkarya walau usia semakin tua. Foto: (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Bagi para penggemar film Bollywood nama Amitabh Bachchan tentu tidak asing lagi. Sosok kharismatik ini lahir di Allahabad, India pada 11 Oktober 1942. Aktor senior ini memulai karirnya sebagai narator dalam film Bhuvan Shome (1969). Dari sejak itu hingga medio tahun 1972 Ia mulai berperan dalam film. Peran pertamanya adalah sebagai salah satu dari tujuh tokoh protagonis dalam film Saat Hindustani. Dan disusul dengan film Anand, Parwaana, Reshma Aur Shera, Guddi, dan Bombay to Goa.

Lalu pada tahun 1973, Sutradara Prakash Mehra memberinya peran utama dalam film Zanjeer, sebagai Inspektur Vijay Khanna. Film ini kontras dengan film-film bertema romantis yang pernah Ia bintangi sebelumnya. Film ini sukses menjadi salah satu film dengan pendapatan terbesar tahun itu dan menjadikannya bintang. Sejak saat itu, Bachchan menjadi salah satu pemain utama paling sukses di industri film.

Pada bulan Juli 1982, ketika Ia melakukan syuting Coolie di University Campus di Bangalore. Bachchan menderita luka serius di ususnya, saatb sedang melakukan adegan perkelahian. Bachchan tidak menggunakan stuntman dalam adegan yang mengharuskannya jatuh ke atas meja kemudian ke lantai. Namun saat dia melompat ke arah meja, sudut meja mengenai perutnya, dia kehilangan banyak darah. Dia kritis di rumah sakit selama beberapa bulan.

Baca Juga:   Sejarah 15 Oktober: Eksekusi Mati Mata Hari, Si Ratu Mata-mata Dunia

Setelah melalui masa panjang penyembuhan, akhirnya Ia kembali melanjutkan syuting pada akhir tahun itu. Dan kemudian filmnya dirilis pada tahun 1983, dan oleh karena publisitas kecelakaan Bachchan pada syaat syuting film itu. Akhirnya film itu meraih sukses dan menjadi film dengan pendapatan terbesar.

Oleh sebab insiden yang Ia alami pada ssat syuting itu, bachchan didiagnosa Myasthenia gravis, adalah salah satu gangguan neuromuskular penyebab kelemahan otot. Hal itu kemudian membuatnya merasa lemah baik secara mental dan secara fisik dan dari sini pula lah dia memutuskan meninggalkan film dan masuk ke dunia politik.

Karir politiknya hanya bertahan tiga tahun (1984-1987), kemudian ia memutuskan berhenti dan kembali ke dunia hiburan. Bachchan kemudian mendirikan sebuah rumah produksi, Amitabh Bachchan Corporation dan kembali berakting. Bachchan juga mengeluarkan album musik dan memandu acara TV, Who Wants To Be A Millionaire.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password