Sejarah 10 Oktober: Tokoh “Superman” Christopher Reeve Meninggal Dunia

Christopher Reeve lumpuh akibat cedera saat berkuda. Foto: (Dok.Istimewa)

Bosscha.id-15 tahun lalu atau tepatnya 10 Oktober 2004, Christopher Reeve meninggal dunia pada usia 52 tahun karena serangan jantung. Pria bernama lengkap Christopher D’Olier Reeve adalah seorang aktor sekaligus sutradara, produser film, dan penulis skenario berkebangsaan Amerika Serikat.

Reeve mengawali debutnya pada tahun 1976 ketika menjadi salah satu pemeran sandiwara A Matter of Gravity. Nama Reeve mulai melejit ketika bermain film dan memerankan karakter Superman pada tahun 1978. Dan sepanjang dekade 1980-an Reeve juga membintangi sejumlah film, di antaranya Somewhere in Time (1980), Deathtrap (1982), The Bostanians (1984), dan Street Smart (1987).

Reeve menikah dengan Dana Morosini pada bulan April 1992, dan memiliki seorang putra bernama Will. Reeve juga memiliki dua orang anak bernama Matthew dan Alexandra dari hubungan sebelumnya dengan Gae Exton.

Pada bulan Mei 1995, Christopher Reeve lumpuh akibat cedera yang dialaminya sewaktu mengikuti perlombaan olahraga berkuda di Virginia. Kecelakaan itu menjadi titik awal Revee untuk memperjuangkan masalah sosial. Ia menjadi sosok penting bagi para penderita cedera tulang belakang dan melobi pemerintah untuk mendanai penelitian sel induk embrionik.

Baca Juga:   Jurus KBB Tarik Wisatawan Pasca Babak Belur Terimbas Corona
Peran Superman melejitkan nama Christopher Reeve sebagai Aktor (Bosscha.id)

Dalam pidatonya di Academy Awards 1996, Revee mendesak komunitas Hollywood untuk lebih banyak membuat film tentang masalah sosial. Selain kembali bergelut di dunia akting, ia juga menggalang dana untuk para penderita cedera tulang belakang.

Reeve juga menulis dua buku tentang pengalaman hidupnya, Ia mendirikan Yayasan Christopher Reeve, dan juga sebagai pendiri Pusat Penelitian Reeve-Irvine. Pada 1997, Revee memulai debutnya sebagai sutradara dengan menggarap drama telivisi berjudul HBO’s In the Gloaming.

Drama garapannya itu bahkan masuk dalam lima kategori Emmy Awards. Pada 1999, Reeve membintangi sebuah film remake dari film klasik Alfred Hitchcock berjudul The Brooke Ellison Story. Film tersebut diangkat dari kisah nyata orang lumpuh pertama yang lulus dari Harvard University.


Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password