Sejarah 5 Oktober: Single Pertama The Beatles, ‘Love Me Do’ Dirilis

Sejarah 5 Oktober:  Single Pertama The Beatles, ‘Love Me Do’ Dirilis 19
The Beatles langsung melejit selepas merilis single pertamanya. Foto: (reddit.com).

Bosscha.id – The Beatles, siapa yang tak kenal dengan band legendaris satu ini. Band yang lahir di Liverpool ini sukses menjadi salah satu grup musik yang paling berpengaruh di dunia.

Band yang memulai karirnya pada akhir tahun 50-an ini awalnya bernama The Quarrymen yang dibentuk oleh John Lennon pada Maret 1957, saat itu ia berusia 16 tahun. Paul McCartney yang saat itu berusia 15 bergabung dengan The Quarrymen beberapa bulan berikutnya. Di tahun berikutnya, teman McCartney yaitu George Harrison ikut bergabung.

The Quarrymen hingga tahun 1960 terdiri dari trio gitaris yang memainkan rock n roll ala Elvis, Buddy Holly dan The Crickets. Di awal Tahun 1960, salah seorang teman Lennon, Stu Sutcliffe, melengkapi formasi sebagai bassist. Dialah yang kemudian menawarkan untuk mengganti nama The Quarrymen. Saat itu, beberapa kali band ini mengalami perubahan nama, dari The Beetels, The Beatlas, Johny and the Moondogs, Long John and the Beetles, dan The Silver Beatels, hingga akhirnya mereka membuang kata silver dan mantaplah nama The Beatles pada bulan Agustus 1960.

Pada medio 1960, manager pertama The Beatles, Allan Williams mengajak mereka untuk bermain di Hamburg, Jerman. Karena posisi drummer kala itu masih belum ada, mereka lalu secara dadakan mengaudisi Pete Best dan duduklah dia di posisi tersebut. Maka dimulailah petualangan mereka mengisi klub-klub di kawasan merah Hamburg dengan musik rock and rollnya.

Di Hamburg, Sutcliffe mendapat kekasih baru bernama Astrid Kirchherr. Wanita inilah yang yang memperkenalkan gaya rambut German “exi” (eksistensialis) yang nantinya diadopsi sebagai trademark rambut para personil The Beatles, yang melekat hingga saat ini dan menjadi salah satu icon kuat pada band ini.

Namun, tidak lama kemudian Stuart Sutcliffe mengundurkan diri, disusul Pete Best pada 1962, dan posisi drumm digantikan Richard Starkey alias Ringo Starr, dan memantapkan jumlah personil menjadi 4 orang. Manajer The Beatles kala itu, Brian Eipstein, mencoba menawarkan Beatles kepada Decca Record, label besar perusahaan rekaman kala itu, tetapi manajemen Decca berpendapat kelompok musik gitar sudah lewat masa popularitasnya.

Baca Juga:   Sibuk Kerja, Tidak Sempat Olahraga ? Inilah 4 Cara Mengatasinya

Brian akhirnya bisa mendapatkan satu label rekaman untuk Beatles, yaitu Parlophone, yang sebenarnya merupakan perusahaan rekaman untuk siaran radio. George Martin, manager Parlophone, setuju, dan dimulailah perekaman untuk album pertama The Beatles yang bertajuk ‘Please Please Me’. Ada dua lagu andalan dalam album tersebut, yaitu Please Please Me dan Love Do. Lagu Love Me Do direkam pertama kali pada 11 September 1962.

Padahal sang produser saat itu, George Martin, sedang mendorong lagu lain yang ditulis penyanyi Inggris, Adam Faith dan dinyanyikan oleh Fab Four, untuk diorbitkan. Namun Beatles justru yang lebih melejit dengan lagu ‘Love Me Do’-nya, yang rilis pada  5 Oktober 1962.

Menariknya lagu ini direkam 3 kali dengan 3 drummer yang berbeda. The Beatles, dengan Pete Best yang menjadi drummer saat itu, merekamnya sebagai bagian dari audisi EMI-nya. Dari tanggal 4 September, Best digantikan oleh Ringo Starr karena George Martin tak menyukai gaya permainan drumm dari Pete Best. Kemudian, The Beatles dengan Ringo Starr merekam lagu ini dalam versi yang ditujukan untuk peluncuran singel.

Seminggu kemudian, pada tanggal 11 September, The Beatles kembali ke studio dan menemukan bahwa George Martin tak puas juga dengan permainan drumm Ringo Starr dan telah meminta drummer lain bernama Andy White untuk bermain drum di sesi itu, dan Starr hanya bermain rebana di samping. Versi Andy White amat khas di lagu itu dan kemudian dimasukan dalam album Please Please Me; sesi 11 September yang selanjutnya adalah satu-satunya lagu yang menampilkan White, karena Martin mengizinkan Starr tetap di grup itu.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password