Hindari 5 Jenis Makanan Ini, Karena Bisa Bikin Badan Lemas

Hindari 5 Jenis Makanan Ini, Karena Bisa Bikin Badan Lemas 19
Seringkali Dengan Makan Badan Kita Menjadi Kuat Kembali, Padahal Belum Tentu (Bosscha.id)

Bosscha.id- Kita Pasti pernah merasakan tubuh lemas dan letih, hingga kita kesulitan untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Hal ini bisa saja terjadi karena berbagai hal, bisa karena makanan, gaya hidup dan gangguan kesehatan.

Jika badan kita terasa lemas dan letih, kita pasti berpikir bahwa dengan makan, energi kita bisa kembali dan kita menjadi segar dan bertenaga. Tapi kita harus pandai memilih makanan apa yang akan dikonsumsi, pasalnya tidak semua makanan bisa membuat kita menjadi lebih bertenaga dan bernergi. Malah sebaliknya ada beberapa makanan yang ketika dikonsumsi malah akan membuat badan menjadi lebih lemas dan merasa ngantuk setelah menyantapnya.

Hal tersebut terjadi oleh karena banyaknya kandungan gula, garam, kafein, dan lemak dalam makanan yang kita konsumsi. Dan kali ini bosscha.id akan berbagi mengenai 5 jenis makanan dan minuman yang akan menyebabkan tubuh lemas ketika kita menyantapnya, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih.

1.Makanan Goreng-Gorengan

Makanan yang proses memasaknya dengan cara digoreng secara deep-fry seperti kentang goreng, ayam goreng, dan beberapa jenis gorengan lainnya mengandung minyak cukup tinggi yang dapat menyebabkan badan terasa lebih lemas. Kandungan lemak jenuh pada minyak akan menyebabkan proses pencernaan bekerja lebih keras yang akan berdampak pada terkurasnya energi di dalam tubuh. Selain itu, asupan minyak terlalu banyak dapat menimbulkan rasa haus berlebihan.

2. Pisang

Pisang adalah buah tinggi magnesium, yang bisa membuat tubuh jadi lebih cepat lelah. Dalam tubuh, magnesium bekerja membuat otot rileks. Magnesium juga dikenal sebagai mineral pemicu ngantuk karena membantu mengatur siklus tidur, menenangkan sistem saraf, dan membantu menonaktifkan adrenalin, hormon yang membuat Anda melek dan waspada. Maka tidak heran jika Anda jadi cepat mengantuk dan merasa lemas ketika makan makanan tinggi magnesium tidak tepat waktu, seperti pada jam istirahat di siang hari. Tentu akan mengganggu aktivitas Anda.

Baca Juga:   Selain Putus Sekolah, Inilah Fakta Menarik Tentang Walt Disney

3. Makanan Rendah Kalori

Meski dipercaya lebih sehat dan dapat menurunkan berat badan secara lebih signifikan, ternyata makanan yang rendah kalori seperti susu rendah lemak, ikan, dan biji-bijian dapat menyebabkan tubuh cepat lemas bila tidak dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Seperti yang telah diketahui, kalori dan lemak berfungsi untuk menghasilkan energi dan bila tubuh kekurangan kalori, maka rasa lemas dan lesu akan rentan datang.

4. Roti Putih

Dibandingkan roti gandum, roti putih mengandung gula lebih tinggi yang dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Kadar glukosa yang terlalu tinggi di dalam tubuh akan menyebabkan badan terasa mudah lemas dan mudah mengantuk. Selain itu, makanan manis juga akan menambah rasa haus meski mengkonsumsi air dalam jumlah banyak.

5. Minuman Penambah Energi

Sama halnya dengan kopi, minuman berenergi juga mengandung kafein dengan kadar tinggi yang dapat menyebabkan detak jantung meningkat, rasa gelisah, dan terganggunya pola tidur. Selain itu, kandungan penambah rasa dan gula di dalam minuman berenergi ini juga akan menguras energi serta membuat badan mudah haus, hingga menimbulkan efek lemas pada tubuh.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password