Sekretariat DPRD KBB Bakal Luncurkan Aplikasi “SIVESPA”

Sekretariat DPRD KBB Bakal Luncurkan Aplikasi "SIVESPA" 18
DPRD KBB akan meluncurkan aplikasi "SIVESPA/Bosscha.id

Bosscha.id– Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Barat segera meluncurkan Sistem Aplikasi Verifikasi Pembayaran Langsung (SIVESPA). Aplikasi ini bertujuan untuk mewujudkan kepatuhan anggota DPRD KBB dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Setwan terhadap ketentuan yang mengatur tentang tata kelola keuangan daerah.

Demikian dijelaskan Sekretaris DPRD KBB Rony Rudyana yang didampingi Kasubag Verifikasi pada Sekretariat DPRD KBB Diane Yuliandari di Padalarang, Kamis (26/9/2019).

Menurutnya, aplikasi SIVESPA akan bekerja dengan sistem verifikasi secara online baik dari segi kelengkapan administrasi maupun penggunaan anggaran di lembaga legsilatif.

“Sekarang diperlukan adanya perubahan proses pembayaran secara langsung dalam sebuah sistem informasi yang transparan dan akuntabel. Melalui SIVESPA ini, sehingga kami berharap pengelolaan keuangan dapat lebih efektif, efisien dan juga dapat dipertanggungjawabkan secara transparan,” jelas Diane.

Sekretariat DPRD KBB Bakal Luncurkan Aplikasi "SIVESPA" 19
DPRD KBB berencana meluncurkan Sistem Aplikasi Verifikasi Pembayaran Langsung (SIVESPA)/Bosscha.id

Diane menuturkan, seiring perkembangan teknologi informasi saat ini membuat penerapan aplikasi SIVESPA dibutuhkan di Sekretariatan DPRD. Terlebih, aplikasi tersebut dapat memberikan layanan pelaporan setiap kegiatan para anggota DPRD.

“Nantinya aplikasi ini akan digunakan oleh setiap anggota dewan untuk pelaporan mulai dari kunjungan kerja hingga kegiatan reses, tentunya secara digital,” tuturnya.

Baca Juga:   Komisi I DPRD KBB: Aa Umbara dan Hengki Kurniawan Harus Mewujudkan Birokrasi Pro Rakyat

Meski demikian, Diane mengatakan, saat ini aplikasi SIVESPA masih dalam tahap uji coba internal. Karena, SIVESPA masih merupakan salah satu proyek perubahan. Namun demikian, proyek tersebut diharapkan dapat menjadi piranti baru dalam menyususn kebijakan dan peningkatan kinerja di Sekretariat DPRD.

“Rencananya tahun depan baru akan diterapkan dan sekarang sosialisasi masih terus dilakukan.Mudah-mudahan saja, aplikasi ini dapat menjadi sebuah pola yang dapat dijadikan referensi bagi Sekretariat DPRD,” ungkapnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password