5 Alasan Kenapa Kita Harus Belanja ke Pasar Tradisional

Pasar tradisional harga lebih murah dan bisa ditawar. (Dok.Istimewa)

Bosscha.id-Di era modern seperti saat ini, pasar tradisonal sudah mulai tersingkirkan karena banyaknya bermunculan supermarket, mini market atau pasar-pasar modern lainnya. Dengan begitu pasar tradisional perlahan mulai ditinggalkan, terutama oleh kalangan muda. Mereka lebih memilih supermarket untuk berbelanja kebutuhan pokok.

Selain maraknya pembangunan supermarket, alasan ditinggalkannya tradisi berbelanja di pasar tradisional adalah karena tempatnya yang terkadang kurang nyaman dibandingkan dengan supermarket. Karna kenyamanan merupakan suatu kepuasan tersendiri yang ingin didapatkan oleh setiap orang. Dan ini adalah Pekerjaan Rumah yang harus jadi prioritas setiap pemerintah daerah, untuk bagaimana caranya membuat pasar tradisional menjadi nyaman untuk dikunjungi.

Dukung perekonomian masyarakat dengan berbelanja di pasar tradisional/ Bosscha.id

Tapi terlepas dari semua kekurangannya, belanja di pasar tradisional akan lebih menguntungkan kita dan pedagang dibandingkan dengan supermarket. Dan kali ini bosscha.id akan berbagi 5 alasan kenapa kita harus berbelanja di pasar tradisional, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Masih adanya budaya tawar menawar

Berbeda dengan supermarket, bertransaksi di pasar tradisional sampai saat ini masih berlaku budaya tawar menawar antara pedagang dan pembeli. Selain kita akan mendapatkan harga barang sesuai keinginan dan uang kita, budaya tawar menawar juga akan menumbuhkan ikatan emosional yang erat antar sesama manusia. Tak jarang terjadi gelak tawa dan kehangatan obrolan ketika proses tawar menawar.

2. Buka lebih awal

Kegiatan jual beli yang dilakukan di pasar tradisional terbilang unik. Bagaimana tidak, saat masih banyaknya tempat perbelanjaan lain yang masih belum beroprasi, pasar tradisional buka lebih awal. Biasanya para pedagang pasar tradisional sudah membuka lapaknya pada dini hari.

Dengan begitu, ini memudahkan bagi pembeli yang ingin mencari bahan masakan atau untuk barang untuk didangankan kembali. Dengan begitu para pembeli yang membutuhkan bahan makanan olahan atau barang yang diperuntukan untuk dijual kembali, akan memperoleh keperluannya dengan cepat.

3. Harga lebih murah                                                                                                        

Tak hanya menguntungkan dari segi waktu, pasar tradisional juga menyediakan barang dagangan dengan harga yang lebih murah. Hal ini sangat menguntungkan bagi masyarakat khususnya bagi kalangan ekonomi menengah kebawah yang ingin mendapatkan mutu yang baik namun dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga:   Operasi Zebra 2020 Dimulai, Polisi Sasar Lima Pelanggaran

Harga murah bukan berarti memiliki kualitas murahan. Harga murah pasar tradisional sendiri dikarenakan modal yang di keluarkan pedagang juga tidak terlalu tinggi seperti di tempat perbelanjaan modern lainnya. Selain itu pedagang pasar tradisional, mendapatkan barang dagangannya langsung dari pemasok lokal atau juga langsung dari petaninya. Jadi sudah pasti harga jual kembalinya pun akan terjangkau.

4. Bisa menjalin keakraban

Salah satu faktor pendukung terjalinnya keakraban antara penjual dan pembeli di pasar tradisional adalah budaya tawar menawar, seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama di atas. Selain budaya tawar menawar pula, proses transaksi di pasar tradisional akan memudahkan penjual untuk selalu ingat dengan kita sebagai pembeli, apalagi jika kita sering berbelanja dan menjadi pelanggan tetap di sana.

Dengan begitu keakraban akan terjalin dengan sendirinya. Kalau sudah akrab dengan pedagang, sudah pasti kita akan dikasih harga spesial saat membeli barang dagangannya. Jadi lebih menguntungkan bukan?.

5. Mendukung usaha kecil

Menjamurnya minimarket dan supermarket itu akan berbanding lurus dengan pendapatan pedagang di pasar tradisional yang pasti akan menurun. Seperti yang kita ketahui, pedagang di pasar tradisional biasanya adalah pedagang kecil. Jika para pedagang kecil ini omsetnya menurun, otomatis para produsen seperti petani dan peternak juga terkena dampaknya.

Maka dari itu jika kita belanja di pasar tradisional, secara tidak langsung akan membantu geliat perekonomian usaha kecil. Jika geliat usaha kecil di pasar tradisional ini semakin kuat, maka kita juga akan membantu kuatnya sektor pertanian atau peternakan atau produsen-produsen kecil lainnya yang dimana mereka pun menggantungkan usahanya pada pasar tradisional.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password