Inilah 6 Tips Memperbanyak Produksi ASI Secara Alami

Inilah 6 Tips Memperbanyak Produksi ASI Secara Alami 19
ASI Adalah Sumber Nutrisi Yang Terbaik Bagi Bayi (image: Shutterstock)

Bosscha.id-Baru memilki seorang anak mungkin akan menbuat beberapa ibu menajadi stress bahkan ada yang terkena baby blues. Menyusui bisa jadai salah satu penyebab terjadinya hal tersebut. Terlebih bagi ibu baru untuk itu, ibu perlu memperhatikan kondisi yang bisa mempertahankan produksi ASI agar tetap mencukupi kebutuhan si buah hati.

Kita semua pasti sudah tahu, bahwa ASI adalah sumber nutrisi yang terbaik bagi bayi. Alangkah baiknya jika bayi diberikan ASI eksklusif sampai 6 bulan. Dian diusia 6 bulan bayi mulai diberi makanan pendamping ASI dan teruskan pemberian ASI sampai usia 2 tahun. Dan berikut ini bosscha.id akan berbagi 6 tips, bagaimana caranya untuk meningkatkan produksi ASI secara alami.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Produksi ASI juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi ibu. Ada beberapa makanan yang dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI antara lain pepaya, daun katuk, kacang hijau, dan bayam. Selain bisa menambah produksi ASI, mengkonsumsi makanan bergizi juga akan menambah tenaga ibu dan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

2. Menyusui Menggunakan Payudara Kanan dan Kiri

Jika Ibu sedang menyusui, usahakan untuk bergantian menggunakan antara payudara kiri dan kanan agar produksi ASI dari kedua payudara tetap banyak. Jika Ibu hanya menyusui dengan salah satu saja, dikhawatir akan nyeri pada payudara yang tidak diberikan air susunya dan bisa mengakibatkan mastitis atau radang pada payudara.

Inilah 6 Tips Memperbanyak Produksi ASI Secara Alami 20
6 Tips Sederhana Memperbanyak ASI, Bosscha.id

3. Menyusui Tiap Dua Jam Sekali

Produksi ASI itu dipengaruhi oleh konsep supply & demand. Semakin sering Ibu menyusui maka akan berbanding lurus dengan produksi ASI yang akan bertambah banyak. Oleh karena itu, untuk menjaga produksi ASI agar tetep stabil, maka dianjurkan untuk menyusui bayi tiap 2 jam sekali. Saat bayi menyusu maka tubuh ibu akan mengeluarkan hormon oksitosin yang berfungsi untuk produksi ASI.

Baca Juga:   Sejarah 16 Oktober: The Walt Disney Company Berdiri

4. Pompa ASI

Memompa ASI bisa dilakukan disela waktu luang saat tidak sedang menyusui bayi. Memompa ASI juga membantu mengosongkan payudara jika masih ada sisa ASI setelah menyusui si buah hati. Jika payudara sudah kosong maka ASI akan segera diproduksi kembali olah tubuh, ini sesuai dengan prinsip supply and demand.

5. Cukup Istirahat dan Hindari Stress

Kurangnya istirahat dan stress bisa berakibat tergganggunya produksi ASI. Ibu menyusui itu harus cukup tidur dan tidak boleh terlalu lelah. Hindari hal-hal yang bisa membuat ibu stres. Untuk membantu, hal ini bisa Ibu komunikasikan dengan suami dan keluarga agar mereka bisa memberikan dukungan sepenuhnya.

6. Lakukan Pijat Oksitosin

Oksitosin adalah hormon yang berfungsi dalam menambah produksi ASI. Keluarnya hormon oksitosin dapat dibantu dengan melakukan pijat oksitosin. Caranya dengan memijat bagian kanan dan kiri tulang belakang ibu. Mintalah bantuan suami atau keluarga untuk melakukan pijat oksitosin ini. Dengan rajin melakukan hal ini, tentu saja akan menambah produksi ASI bagi ibu. Jika produksi ASI terjaga, tentu saja supply ASI bagi anak akan tercukupi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password