Sejarah 18 September : Meninggalnya Sang Legenda, Jimi Hendrix

Aksi Jimi Hendrix selalu memukau dengan permainan gitarnya. (Dok.BBC)

Bosscha.id-Siapa yang tak kenal dengan sosok musisi dan penyanyi kharismatik satu ini, pemilik nama asli Johnny Allen Hendrix ini lahir pada 27 November 1942 di Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS). Ia lahir ketika ayahnya sedang bertugas di sebuah kamp Angkatan Darat AS, di Oklahoma. Ketika pulang, ayahnya mengubah namanya menjadi James Marshall Hendri, dan kemudian Ia lebih dikenal dengan nama Jimi Hendrix.

Jimi mulai bersinggungan dengan musik ketika ia masih remaja, Di tengah kehidupan keluarganya yang sulit, musik menjadi satu-satunya kebahagiaan yang dirasakan Jimi. Dia sangat menggemari musik rock dan mulai belajar memainkan gitar. Pada pertengahan tahun 1958, saat berusia 15 tahun, sang ayah membelikan Jimi gitar akustik pertamanya. Setahun kemudian, sang ayah kembali membelikannya sebuah gitar elektrik karena musik rock sulit dimainkan dengan gitar akustik.

Gitar elektrik pertamanya bermerk Supro Ozark, namun karena Jimi adalah seorang kidal, dia harus berlatih ekstra keras agar dapat memainkannya secara terbalik. Ketika mulai mahir memainkan gitar, Jimi remaja pun mulai mencoba tampil bersama sebuah band. Dia pun bergabung dengan sebuah band bernama Rocking Kings dan bermain pertama kalinya sebagai profesional dengan tampil di sebuah kelab.

Pada akhir Mei 1961, Jimi menjalani wajib militer dan menjalani latihan dengan pasukan parasut selama dua bulan di Fort Campbell, Kentucky. Setelah menyelesaikan masa pelatihan, dia sempat bergabung dengan satuan parasut di Divisi Udara ke-101, namun hanya bertahan selama delapan bulan. Atasannya memutuskan untuk memulangkan Jimi yang dianggap tidak cocok dengan kehidupan militer. Jimi pun dipulangkan dari militer pada Juni 1962.

Selama berada di militer, Jimi bertemu dengan Billy Cox, yang kemudian menjadi rekan bermusiknya pada 1963. Keduanya bertemu kembali dan pindah ke Tennesse untuk membentuk band bernama King Kasuals. Selain tampil bersama band-nya, Jimi juga sering menjadi pemain pengganti untuk sejumlah band lain yang tampil di kelab. Dia pun mendapat pengalaman bermusik dalam berbagai aliran, mulai dari rock, R&B, hingga blues. Hingga pada 1964, atas rekomendasi seorang kenalannya, Jimi diajak bergabung dengan grup pendukung dari kelompok musik Isley Brothers.

Bersama dengan Isley Brothers, Jimi mendapatkan kesempatan rekaman dan menjalani tur. Namun akhirnya Jimi memutuskan meninggalkan band itu. Kemudian, dia bergabung dengan sejumlah grup diantaranya Curtis Knight and the Squires yang beraliran R&B, Jimmy James and the Blue Flames, hingga akhirnya pada pertengahan 1966 terbentuklah Jimi Hendrix Experience.

Baca Juga:   Survei Indikator Politik Paparkan Penyebab Ketidakpuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi

Jimi Hendrix lalu pindah ke London bersama anggota band lainnya yaitu Noel Redding dan Mitch Mitchell, serta Chas Chandler, sebagai manajer. Jimi Hendrix Experience tampil untuk pertama kalinya sebagai pembuka dalam tur penyanyi rock Johnny Hallyday di Paris pada Oktober 1966, yang langsung mendapat sambutan positif.

Band tersebut kemudian menandatangani kontrak dengan label Track Records dan kemudian melakukan rekaman. Mereka kemudian merilis album pertama yang diberi judul Are You Experienced? pada 1967 diikuti dengan album kedua Axis: Bold as Love. Meski telah membawa Jimi Hendrix ke dalam ketenaran, nyatanya Jimi Hendrix Experience tidak bertahan lama, pada Juni 1969 band tersebut tampil untuk yang terakhir kalinya. Dan kala itu Ia disebut sebagai musisi rock paling mahal di tahun 1969.

Jimi Hendrix meninggal pada 18 September 1970. Kematiannya mengejutkan banyak orang sekaligus mengundang tanda tanya besar akan penyebab akhir hidupnya itu. Hendrix ditemukan dalam keadaan tak sadarkan diri di kediaman kekasihnya, Monika Dannemann, di London, Inggris. Dannemann mengaku bersama dengan Hendrix sejak sehari sebelumnya. Mereka minum dan mengobrol hingga pagi, sebelum pergi tidur. Namun pada tengah hari saat dia terbangun, dia menemukan Hendrix sudah tak sadarkan diri.

Ambulans pun datang dan membawa Hendrix ke rumah sakit di mana dokter kemudian mengumumkan bahwa Hendrix sudah meninggal. Hasil pemeriksaan pasca-kematian menemukan bukti jika Hendrix meninggal dunia karena tersedak dan sulit bernapas setelah mengonsumsi obat tidur dalam dosis tinggi. Jenazah Hendrix kemudian dibawa ke Seattle, Washington, untuk dimakamkan di Pemakaman Greenwood berdekatan dengan makam ibunya. Upacara pemakaman Jimi Hendrix turut dihadiri keluarga, kerabat dan rekan-rekan musisi, termasuk anggota dari grup band Experience.


Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password