Tahu dan Tempe, Mana yang Lebih Bergizi?

Bingung mana yang lebih bergizi antara tahu sama tempe. Bosscha.id

Bosscha.id-Tahu dan tempe merupakan makanan pendamping yang cukup populer di Indonesia. Harga yang terjangkau dan kandungan gizi yang banyak, membuat tahu dan tempe menjadi favorit sebagaian besar keluarga Indonesia.

Kedua makanan yang berbahan kedelai ini juga, bisa menjadi pengganti asupan protein bagi mereka yang kurang menyukai daging. Kebanyakan orang mengira bahwa tempe dan tahu ini memiliki kandungan gizi yang sama karena sama-sama terbuat dari kedelai. Padahal sebenarnya, kedua makanan pendamping ini memiliki kandungan gizi yang berbeda. Dan berikut bosscha.id akan berbagi perbandingan kandungan gizi anatara tahu dan tempe.

Proses Pembuatan

Berbahan dasar sama, tapi proses pembuatan kedua makanan ini berbeda. Tahu dibuat dengan cara mengendapkan sari pati kedelai yang dicampur dengan biang. Sari pati kedelai tersebut didapatkan dari biji kedelai yang direbus lalu digiling dan diperas untuk mendapatkan sari patinya. Sari pati dan air biang yang telah diendapkan, lalu dibuang air masamnya. Endapan tersebut barulah bisa dicetak menjadi tahu.

Sementara pembuatan tempe lebih sederhana lagi. Biji kedelai direbus lalu diberi bibit jamur Rhyzopus oryzae atau yang dikenal dengan istilah ragi. Campuran biji kedelai dan ragi tersebut lalu difermentasikan atau didiamkan selama beberapa hari. Proses pembuatan tempe yang sederhana membuat pengubahan senyawa yang kompleks menjadi lebih sederhana, seperti karbohidrat dan protein. Hal ini membuat tempe lebih mudah dicerna dalam tubuh.

Perbedaan Kandungan Protein

Sama-sama terbuat dari bahan dasar kedelai, menjadikan tahu dan tempe memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Namun kandungan protein dari keduanya memiliki kadar yang berbeda. Untuk satu porsi tahu atau tempe yang takarannya adalah 100gram atau setara dengan setengah cangkir, tempe mengandung sebanyak 15,4 gram protein. Sedangkan tahu mengandung protein yang lebih sedikit yaitu 10gram. Dilihat dari perbandingan kandungan protein ini, tempe memang memiliki kandungan yang lebih tinggi daripada tahu. Dilansir dari Jurnal Litbang Departemen Kesehatan, jumlah protein tahu banyak berkurang akibat proses pembuatannya. Pada pembuatan tahu, biji kedelai mengalami ekstraksi dengan air yang lebih banyak daripada proses pembuatan tempe.

Baca Juga:   Bupati Aa Umbara: Budaya dan Kearifan Lokal Perlu Dilestarikan

Perbandingan Serat

Kedelai merupakan salah satu tumbuhan yang kaya akan serat. Jadi sudah pasti bentuk olahan kedelai juga akan mengandung serat yang cukup tinggi. Dilihat dari kandungan seratnya, tempe dan tahu juga memiliki kandungan yang berbeda meskipun berasal dari bahan baku yang sama. Dengan takaran yang sama seperti di atas yaitu 100gram, tempe mengandung 3,5 gram serat sedangkan tahu hanya mengandung 0.5 gram serat. Kandungan serat yang dimiliki tempe lebih tinggi kemungkinan diakibatkan karena produk tersebut menggunakan biji kedelai secara utuh. Sedangkan tahu hanya dalam bentuk sari pati yang diendapkan, sehingga seratnya lebih banyak tersimpan pada ampasnya.

Kandungan Kalori Yang Juga Berbeda

Kalori adalah satuan unit kandungan panas atau energi. Atau lebih tepatnya kalori adalah jumlah energi yang didapatkan dari makanan dan minuman, atau energi yang kita bakar melalui aktivitas sehari-hari. Sederhananya, kalori adalah energi yang dibutuhkan tubuh agar bisa beraktivitas dan menjalankan fungsinya dengan baik. Dalam hal ini kandungan kalori antara tahu dan tempe pun berbeda. Masih dengan takaran yang sama seperti dua contoh dia atas, tahu dan tempe pun memiiki kandungan kalori yang berbeda. Tempe akan menghasilkan 160 kalori sedangkan tahu menghasilkan 97 kalori.

Nah itu tadi lah perbedaan dan perbandingan kandungan gizi anatara tahu dan tempe. Terlepas dari perbedaan kandungan masing-masing dari keduanya, baik tahu maupun tempe adalah pilihan terbaik untuk tetap dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan protein nabati.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password