Sejarah 14 September: Presiden Amerika ke-3 Tewas Ditembak

William Mckinley merupakan Presiden ke-3 dari total 4 Presiden Amerika yang dIbunuh. (Foto: winstonchurchill)

Bosscha.id-William Mckinley adalah presiden Amerika ke-25 yang menjabat dari tanggal 4 Maret 1897 hingga 14 September 1901. Sebelum menjabat sebagai Presiden AS, McKinley sempat berprofesi sebagai Jaksa. Selanjutnya ia memasuki gedung Parlemen AS pada 1877. Lalu pada 1891, McKinley terpilih sebagai Gubernur Ohio. Pada 1896, ia bertarung untuk jabatan Presiden AS dan berhasil melenggang ke kursi Presiden.

Pada 6 September 1901, ketika sedang menghadiri Pameran Pan-American di Buffalo, New York, McKinley ditembak oleh seorang anarkis bernama Leon Czolgosz Frank, McKinley mengalami dua luka tembakan.

Setelah mendapat perawatan intensif, delapan hari pasca insiden penembakan itu tepatnya pada 14 September 1901, McKinley akhirnya menghembuskan napas terakhir. Ia tercatat sebagai Presiden AS terakhir yang berstatus sebagai veteran perang sipil yang melanda Amerika pada pertengahan abad 18.

William Mckinley tercatat sebagai orang ke-3 dari total 4 Presiden Amerika yang meninggal karena dibunuh ketika sedang menjabat. Setelah sebelumnya Abraham Lincoln meninggal karena tertembak pada tahun 1865, kemudian James A.Garfield ditembak dan meninggal pada tahun 1881, dan yang terakhir setelah Mckinley adalah John F. Kennedy yang juga ditembak dan meninggal pada tahun 1963. Dan masih ada 12 Presiden Amerika lainnya yang mengalami percobaan pembunuhan namun gagal.

Baca Juga:   Di Era Covid-19 KBB Wacanakan Bangun Perpustakaan Digital

Leon Czolgosz, pembunuh Mckinley adalah seorang imigran asal Polandia, ia dipecat dari pekerjaannya akibat resesi ekonomi 1893. Lima tahun kemudian ia berkenalan dengan bacaan-bacaan anarkis. Pada peralihan abad, anarkis di seluruh dunia tengah disorot sebagai bahaya keamanan di Eropa dan Amerika. Teror terhadap kepala negara adalah fenomena keseharian. Pada 1881, kaisar Rusia Alexander II tewas dalam teror bom yang dilempar ke kereta kudanya oleh seorang anggota kelompok anarkis Rusia.

Pada 1900, Raja Italia Umberto I ditembak mati juga oleh seorang anarkis. Pembunuhan Mckinley oleh Leon Czolgosz kabarnya terinspirasi oleh pembunuhan Umberto I. Leon Czolgosz kemudian dieksekusi mati dengan kursi listrik pada 29 Oktober 1901, di Penjara Auburn New York.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password