Sejarah 13 September: Pertama Kalinya Video Game Super Mario Bros Dirilis

Sejarah 13 September: Pertama Kalinya Video Game Super Mario Bros Dirilis 18
Tampilan video game Super Mario Bros pertama/ Bosscha.id

Bosscha.id-Anak 90-an pasti kenal dan tidak asing dengan karakter satu ini, ya dia adalah Mario. Super Mario Bros adalah karakter yang fenomenal dan melegenda, game ini dirilis oleh Nintendo 34 tahun lalu, tepatnya pada 13 September 1985, dan diciptakan oleh Shigeru Miyamoto dan Takashi Tezuka .

Permainan ini membawa pengaruh yang cukup besar pada perkembangan dunia hiburan rumahan dan menjadi salah satu permainan terlaris, terhitung pada tahun 2018 game Super Mario Bros ini terjual kurang lebih 260 juta copy di seluruh dunia. Dengan latar permainan yang cerah dan alur cerita yang berkembang, Super Mario Bros berhasil mengubah wajah industri video game pada saat itu.

Karakter utama dalam permainan ini adalah seorang lekaki berkumis yang menggunakan pakaian overall merah dengan baju coklat, bernama Mario. Yang akan berjalan melintasi Mushroom Kingdom hingga tingkat akhir dengan melalui bermacam rintangan. Super Mario Bros bisa dimainkan sendiri (1P) maupun dua orang (2P) secara bergantian.

Jika pemain menggunakan mode single player, dia akan memainkan peran Mario sebagai karakter utama dalam jalannya permainan. Sedangkan jika menggunakan two player mode, pemain kedua akan menggunakan karakter bernama Luigi. Sosok ini merupakan adik dari Mario yang digambarkan dalam permainan dengan perbedaan overall putih dan memakai baju hijau.

Sejarah 13 September: Pertama Kalinya Video Game Super Mario Bros Dirilis 19
Selamat Ulang Tahun Super Mario Bros/Bosscha.id

Premis utama dari Super Mario Bros ini adalah tentang petualangan Mario menyelamatkan Putri Peach dari sergapan Bowser, kura-kura raksasa jahat yang mengusai Mushroom Kingdom. Selain karakternya yang menarik, Super Mario Bros juga ditunjang gameplay yang asyik—meski sangat sederhana.

Baca Juga:   Sejarah 17 September: Terbentuknya Palang Merah Indonesia

Anda tinggal menggerakkan Mario maupun Luigi dari kiri ke kanan, melompati satu tempat ke tempat lainnya lewat pipa. Jika Anda butuh kekuatan tambahan untuk mengalahkan musuh, maka Anda tinggal makan saja jamur ajaib (menjadikan badan lebih besar dua kali lipat) atau menggasak bunga api (memberi kemampuan menembakkan bola api).

Dalam perkembangannya, Super Mario Bros lantas berubah jadi franchise. Sejak pertama kali diluncurkan ke publik sampai sekarang, sudah ada lebih dari sekitar 10 game tentang petualangan Mario dengan karakteristik yang bermacam rupa. Dari Super Mario World (1992), Super Mario 64 (1997), Super Mario Sunshine (2002), New Super Mario Bros. (2006), New Super Mario Bros. Wii (2009), hingga Super Mario Galaxy (2010).

Tak bisa dipungkiri, Mario merupakan salah satu produk game, sekaligus budaya paling populer yang pernah lahir ke dunia. Mario banyak dicintai masyarakat dunia karena ia dekat dengan realitas dan menggambarkan sifat manusia pada umumnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password