Pengen Cepet Kaya? Coba Jalankan 4 Tips Cara Menabung Berikut Ini

Pengen Cepet Kaya? Coba Jalankan 4 Tips Cara Menabung Berikut Ini 18
Menabung bagi banyak orang merupakan hal yang tidak mudah. (freepik.com)

Bosscha.id-Hampir sebagian besar orang menganggap bahwa menabung adalah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Banyak sekali orang yang selalu gagal menyisihkan uang setiap bulan untuk ditabung. Gaya hidup selalu menjadi penyebab utama yang membuat orang selalu gagal untuk menabung.

Padahal, tidak akan ada ujungnya kalau kita terus mengikuti gaya hidup. Karena selalu ada saja celah baru untuk kita “membuang’ uang, demi memenuhi tuntutan gaya hidup. Seperti tempat nongkrong baru, baju model baru, gadget keluaran terbaru, dan lainnya. Kalau terus seperti itu siap-siap saja dompet Anda kebobolan.

Jadi, wajar kalau Anda akan terus gagal menabung. Padahal, pengahsilan bertambah, tapi tetap saja gagal menyisihkan uang untuk ditabung. Hal itu biasanya terjadi karena gaya hidup Anda yang terus meningkat pula. Dan kali ini bosscha.id akan berbagi 4 tips menabung yang bisa Anda coba.

 The Power Of 10.000

Cara ini bisa dibilang cukup ampuh untuk menumbuhkan minat menabung. Jadikanlah kebiasaan jika anda mempunyai uang pecahan Rp.10.000, langsung sisihkan untuk ditabung. Misalkan jika Anda berbelanja dan mendapatkan kembalian dua lembar uang Rp.10.000, maka semua uang Rp.10.000 tersebut harus langsung Anda tabungkan. Atau jika Anda menemukan selembar uang Rp.10.000 di dalam tas atau saku maka uang tersebut pun wajib Anda masukan kedalam celengan yang telah dipersiapkan.

Cara tersebut terbilang cukup efektif, coba Anda bayangkan. Misal dalam sehari Anda mendapatkan uang sebesar Rp.10.000 sebanyak 3 lebar lalu anda tabungkan, dalam seminggu saja ada Anda sudah mengumpulkan sebesar Rp.210.000. Dan dalam 30 hari tanpa disadari Anda telah mengumpulkan sebesar Rp.810.000, cara ini ampuh untuk Anda yang cenderung malas menabung. Dan pada bulan-bulan berikutnya jika penghasilan anda bertambah anda bisa menaikan level menjadi The Power Of 20.000, 30.000, atau 40.000.

Baca Juga:   Ingat! Bawa 5 Barang Ini Jika Hendak Bepergian Bersama Bayi

Rubah Mindset

Rata-rata orang menganggap bahwa menabung adalah menyisihkan uang sisa. Padahal seharusnya menabung itu adalah menyisihkan uang sebelum digunakan. Dengan begitu, Anda tidak memberi ruang untuk meggunakan uang untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting atau demi hasrat memenuhi kebutuhan gaya hidup.

Karena kalau kita menabung dari uang sisa dari biaya kebutuhan pokok. Keinginan menabung biasanya akan hilang jika uang sudah ditangan, tapi akan beda ceritanya jika kita menyisihkan uang untuk ditabung sebelum digunakan untuk kebutuhan pokok.

Tabung Uang Kertas Pecahan Terkecil Setiap Hari

Setiap hari coba cek dompet Anda, lihat apakah ada uang kertas Anda dengan nominal terkecil, jika aada tabungkan uang tersebut. Ada baiknya Anda mengatur jam berapa Anda akan menabungkan uang tersebut. Misalkan, setiap sampai rumah setelah beraktifitas seharian langsung cek dompet Anda.

Pengen Cepet Kaya? Coba Jalankan 4 Tips Cara Menabung Berikut Ini 19
Lakukan 4 hal ini untuk mempermudah Anda menabung/ Bosscha.id

Cara ini cukup efektif untuk menanamkan kebiasaan menabung, dan dengan menabung uang nominal terkecil setiap hari, itu tidak akan terasa berat. Jika setiap hari nominal uang terkecil Anda rata-rata Rp.2.000 – Rp.10.000, kalikan saja sebulan. Itu cukup membantu jika Anda jika tiba-tiba ada keperluan mendadak yang membutuhkan uang tidak terlalu besar.

Beri Nama Pada Tabungan Anda

Tips yang terakhir, cobalah memberi nama untuk setiap tabungan yang Anda sisihkan. Ini akan membantu Anda secara psikologis menandai tujuan awal menyisihkan uang. Sebagai contoh, Anda menabung untuk persiapan dana menikah atau menabung untuk kebutuhan biaya sekolah anak.

Dengan memberinya nama, paling tidak mengingatkan Anda saat tergoda hendak mengambil atau mencairkan tabungan tersebut, dan secara tidak langsung mengajak Anda berpikir dua kali untuk menggunakannya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password