Seks Bebas Pemicu Tingginya Penularan HIV/AIDS di Bandung Barat

Seks Bebas Pemicu Tingginya Penularan HIV/AIDS di Bandung Barat 18
Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Bandung Barat meningkat dari waktu ke waktu/ Bosscha.id

Bosscha.id– Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Bandung Barat meningkat dari waktu ke waktu. Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Bandung Barat hingga Juli 2019, ada 379 kasus HIV/AIDS.

Pengelola Program KPA Bandung Barat Anzhar Ismail, mengungkapkan sebagian besar kasus tersebut disebabkan oleh perilaku hubungan seksual secara bebas. Dari 379 kasus tersebut terdiri atas 218 kasus HIV dan 161 kasus AIDS, sebanyak 53 persen di antaranya akibat hubungan seksual, 14 persen pada ibu rumah tangga, dan 9 persen akibat penggunaan jarum suntik.

“Sementara dari kelompok usia, 52 persen terjadi pada usia 21-29 tahun. Setiap tahun kasusnya menunjukkan peningkatan dengan rata-rata 50 kasus per tahun,” kata Anzhar, Minggu (8/9/2019).

Menurut Anzhar , lantaran terus meningkat dari tahun ke tahun, sehingga masalah HIV/AIDS di KBB kian kompleks .Terlebih, pada tahun ini ditemukan peningkatan komunitas homoseksual atau laki seks laki yang juga memicu penularan HIV/AIDS.

“Sementara itu, status epidemi HIV di Bandung Barat termasuk pada wilayah dengan epidemi terkonsentrasi, artinya masih banyak ditemukan di populasi kunci. Artinya, dari 16 kecamatan dengan 165 desa memiliki permasalahan kesehatan yang kompleks” katanya.

Baca Juga:   Sejarah 19 September: Dirobeknya Bendera Belanda di Surabaya
Seks Bebas Pemicu Tingginya Penularan HIV/AIDS di Bandung Barat 19
Kasus HIV/AIDS menjadi masalah komplett di KBB/Bosscha.id

Anzhar menambahkan, dengan kodisi tersebut pihakya pun menggelar sosialisasi Gerakan 1.000 Remaja Milenial Remaja Peduli ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) untuk mewujudkan “three zeros”, yakni tidak ada kasus baru, tidak ada kematian akibat HIV, dan tidak ada stigma terhadap ODHA.

“Sebab, sebagian besar dari mereka tidak memiliki pemahaman mengenai kesehatan reproduksi, sehingga memicu pada perilaku seks bebas yang menjadi penyebab utama penularan HIV/AIDS. Namun dengan sosialisasi, para remaja yang menjadi kelompok usia yang berpotensi tertular HIV/AIDS itu diharapkan bisa memiliki pemahaman mengenai bahaya seks bebas,” ungkap Anzhar.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password