Ingin Jago Public Speaking? Coba Lakukan 4 Cara Ini

Ingin Jago Public Speaking? Coba Lakukan 4 Cara Ini 19
Hampir setiap orang punya masalah Public Speaking.(Foto.freepik.com)

Bosscha.id-Bukan hal yang mudah memang jika kita harus berbicara di depan umum, terlebih jika audiens yang Anda hadapi dalam jumlah yang cukup banyak. Tentu saja hal itu akan membuat Anda jadi kurang percaya diri, untuk berbicara di depan umum apalagi dengan jumlah audiens yang cukup banyak.

Padahal rasa percaya diri merupakan kunci utama seseorang mampu berbicara dengan baik di depan umum. Lantas, bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri tersebut?. Berikut ini bosscha.id akan berbagi 4 tips bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri saat bicara di depan umum.

1. Berpikir Positif

Rasa percaya diri akan hilang jika kita selalu berpikir negatif. Salah satu efek dari berpikir negatif adalah munculnya rasa khawatir yang berlebih. Jika itu terjadi, bukan malah membuat jadi lebih baik tapi sebaliknya.

Oleh karena pikiran negatif bisa menciptakan berbagai kekhawatiran dan ketakutan ketika akan berbicara di depan umum. Alangkah baiknya kita berpikir positif saja, karena dengan begitu semua hal yang kita anggap susah dan berat akan terasa lebih mudah dan ringan.

2. Gunakan Waktu Luang Untuk Latihan

Segala sesuatu akan bisa dilakukan jika terbiasa melakukan. Jadi jika ingin bisa dengan lancar dan percaya diri berbicara di depan umum, maka biasakan untuk latihan ketika ada waktu luang.

Cobalah berlatih public speakingdengan audiens yang lebih sedikit, bisa minta bantuan teman atau keluarga, untuk membantu menjadi audiens ketika latihan. Dengan seringnya latihan ketika ada waktu luang, dengan sendiri rasa kepercayaan diri akan tumbuh.

3. Pahami dan Kuasai Materi

Kita tidak mungkin dapat bercerita dengan baik dan tersusun rapi, jika kita tidak mengerti dan menguasai materi apa yang kan kita sampaikan, ketika berbicara di depan umum. Oleh karena itu pemahaman materi menjadi hal yang sangat penting.

Baca Juga:   Selain Putus Sekolah, Inilah Fakta Menarik Tentang Walt Disney

Coba lah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai materi yang akan anda sampaikan. Dapat melalui internet atau bahkan bertanya kepada mereka yang lebih mengerti. Jangan malu bertanya agar kita menjadi lebih baik. Dan buatlah tulisan singkat mengenai poin-poin penting yang akan kita sampaikan, itu menjadi hal yang akan sangat membantu anda untuk bisa lebih percaya diri.

4. kontak Mata

Ketika berbicara di depan banyak orang maka kita harus pandai-pandai menguasai situasi. Caranya adalah dengan melakukan kontak mata terhadap mereka yang berada di depan kita. Ini memiliki peran penting karena hal tersebut akan membuat kita terlihat lebih percaya diri. Kontak mata dapat menunjukkan penghargaan kita serta juga dapat menumbuhkan ikatan emosional antara kita dengan audiens.

Menatap mata orang lain bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, karena terkadang pandangan orang dapat mempengaruhi fokus dan konsentrasi kita ketika sedang berbicara. Dan untuk mengatasi hal tersebut, ada cara yang baik untuk dicoba, yaitu memilih titik pandang sedikit diatas mata (diatara kedua alis) lawan bicara. Hal tersebut akan membuat anda lebih nyaman saat berbicara. Hal yang tidak kalah penting, cobalah untuk menyapukan pandangan ke seluruh ruangan secara bergantian, agar seluruh audiens dapat merasakan energi yang sama.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password