Ayo Bangun Pagi! Banyak Manfaatnya Lho

Selain Untuk Kesehatan Fisik, Bangun Pagi Juga Baik Untuk Kesehatan Mental, (Dok.Istimewa)

Bosscha.id-Banyak diantara kita yang lebih memilih untuk bangun tidur lebih siang. Bisa memang karena malas bangun pagi atau memang kecapean karena aktivitas yang dilakukan pada malam hari. Ada juga beberapa orang yang terpaksa harus bangun pagi karena harus mengejar waktu dan itu pun dibantu oleh alarm agar bisa bangun pagi.

Padahal, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kebiasaan bangun tidur lebih pagi. Jika Anda adalah seseorang yang memiliki kebiasaan tidur malam atau begadang, pastinya Anda butuh perjuangan yang cukup keras untuk bangun pagi. Dengan jam tidur yang masih kurang, bangun pagi pun menjadi suatu hal yang paling dihindari oleh sebagian orang yang biasa tidur terlalu larut.

Selain itu, kebiasaan bangun pagi juga membuat Anda mendapatkan udara yang lebih bersih dan sinar matahari yang baik kesehatan. Kondisi ini otomatis akan membuat tubuh lebih segar dalam menjalani aktivitas sepanjang hari. Dan berikut ini bosscha.id akan merangkum 10 manfaat bangun pagi bagi kesehatan tubuh dan mental.

Manfaat Bangui pagi/ Bosscha.id

1.Tubuh Jadi Lebih Segar

Saat mulai mencoba bangun di pagi hari maka tubuh akan terasa lebih segar. Ini dikarenakan tubuh menghirup udara pagi yang masih segar, karena oksigen pada waktu itu belum tercampur polusi, seperti asap dari kendaraan. Apalagi bila ditambah dengan berolah raga di pagi hari, tentunya tubuh akan menjadi segar dan bugar.

2.Memberi Waktu Untuk Sarapan

Bangun lebih awal membuat Anda memiliki waktu sarapan yang baik. Karena jika kita melakukan sarapan pagi itu akan membuat tubuh jadi lebih siap ketika harus menghadapi aktivitas di pagi hari. Tapi jika Anda melewatkan sarapan, tubuh akan meresponnya dengan rasa lapar pada siang hari. Ketika lapar mulai Anda alami, maka makan siang Anda berisiko dipenuhi oleh asupan-asupan yang tidak sehat, karena yang ada dalam pikiran Anda ketika lapar, adalah bagaimana caranya untuk kenyang.

3.Membuat Paru-Paru Lebih Sehat

Jika rajin bangun pagi, maka udara pagi yang masih bersih dan segar akan terserap oleh tubuh. Bila itu terjadi, sirkulasi tubuh akan berjalan dengan baik dan itu pasti berdampak positif bagi tubuh, terlebih bagi paru-paru.

4.Menyehatkan Jantung

Jika peredaran darah lancar dan tingkat oksigen dalam darah baik maka organ lainnya juga ikut menjadi sehat, seperti jantung. Banyak gangguan pada jantung dikarenkan aliran darah dan oksigen yang sedikit dan terhambat. Dengan bangun di pagi hari dan menghirup udara segar maka jantung akan bekerja secara maksimal.

Baca Juga:   Survei Indikator Politik Paparkan Penyebab Ketidakpuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi

5. Menjaga Kesehatan Tulang
Sinar matahari bukan hanya membantu pembentukan vitamin D namun juga mengandung kalium yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan kalium sangat penting karena dapat menghindarkan Anda dari kerapuhan dan pengeroposan tulang. Maka jika rajin bangun pagi, Anda akan mempunyai waktu untuk berjemur pada pagi hari, sehingga terhindar dari osteoporosis.

6.Indeks Prestasi Yang Lebih Baik

Sebuah penelitan mengungkapkan, para siswa yang memiliki kebiasaan bangun pagi cenderung memiliki nilai yang lebih baik. Alasannya, manfaat dari bangun pagi membuat seseorang bisa belajar terlebih dahulu sebelum jam belajar dimulai. Selain itu, manfaat bangun pagi mencegah seseorang untuk bermain atau bekerja hingga larut malam, sehingga seseorang akan otomatis untuk tidur dan beristirahat lebih awal.

7. Aktivitas Harian Terencana Dengan Baik

Bangun pagi membuat aktivitas yang akan Anda jalani selama seharian dapat terencana dengan baik. Karena dengan bangun lebih pagi, Anda jadi bisa mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan jadwal atau agenda yang akan anda lakukan seharian. Jika Anda rajin bangun pagi dan terbiasa mempersiapkan segala sesuatu untuk kegiatan harian anda, secara tidak sadar tubuh anda akan merekam itu dan menjadikan itu jadi kebiasaan, sehingga hidup Anda jadi lebih tertatur.

8.Terbebas Dari Rasa Cemas

Salah satu cara mengatasi kecemasan adalah dengan mendapatkan manfaat dari bangun pagi. Bangun terlalu siang atau secara tiba-tiba akan membuat Anda lebih terburu-buru. Jika hal ini sering Anda lakukan setiap hari, kondisi ini bisa mengganggu suasana hati, kreativitas, hingga membahayakan fungsi mental.

9. Membangkitkan Semangat
Secara psikologi, energi positif dalam tubuh dapat diciptakan dengan bagun pagi dan menghirup udara pagi hari. Semangat bangun di pagi hari jauh berbeda dengan orang yang bangun pada siang hari. Orang yang bangun pada pagi hari memiliki mimik wajah yang berseri-seri karena bersemangat sedangkan orang yang bangun di siang hari cenderung berwajah lesu dan kurang bersemangat.

10. Produktivitas Meningkat
Produktivitas seseorang juga dipengaruhi oleh pola tidur. Bila tidur dengan cukup maka kemungkinan memiliki tingkat produktivitas yang maksimal. Maka dari itu tidur yang cukup dan bangun pagi adalah kunci utamanya. Selain itu dengan kondisi tubuh yang segar, sudah pasti itu akan berpengaruh pada produktivitas Anda.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password