Sejarah 4 September: Google Resmi Berdiri, Siapa Sangka Ternyata Google Pernah Menggunakan Nama “Googol”

Tampilan Google Search Pertama Kali Diluncurkan, (image Wikipedia)

Bosscha.id-Di era 4.0 seperti saat ini, siapa sih yang tak kenal dengan Google, hampir setiap hari kita pasti bersinggungan dengannya. Google Inc adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika yang bergerak di bidang jasa dan produk Internet, diantaranya mesin pencari, komputasi web, perangkat lunak, dan iklan daring (dalam jaringan).

Sejarah Google sendiri dimulai dari proyek yang dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. Saat itu, kedua mahasiswa pascasarjana di Stanford University itu berkolaborasi mengembangkan mesin pencari bernama BackRub, yang dioperasikan menggunakan server di kampus mereka.

Pada tahun 1997 Larry dan Sergey mengganti nama BackRub menjadi Googol. “Googol” merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet. Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan telanjur menuliskannya dalam cek. Hal itu membuat Brin dan Page akhirnya “mentok” menggunakan nama Google untuk mesin pencari mereka.

Diawal tahun 1998, Larry meluncurkan sebuah buletin bulanan yang dinamai “Google Friends Newsletter” untuk menginformasikan perihal perusahaan tersebut. Buletin ini kelak digantikan oleh fitur blog yang kita kenal sebagai Google+. Kemudian, pada bulan Agustus di tahun yang sama, Andy Bechtolsheim menuliskan sebuah cek senilai $100.000 untuk Google Inc. Andy membuat keputusan tersebut setelah melihat demo singkat Google.com di kediaman seorang dosen Stanford di Palo Alto.

Google Inc. sendiri baru resmi berdiri pada 4 September 1998 sebagai sebuah perusahaan pribadi, baru kemudian cek dari Andy Bechtolsheim dicairkan dan disetor ke dalam rekening perusahaan. Kantornya pertamanya pun tak kalah sederhana, hanya sebuah garasi milik seorang teman yang berlokasi di Menlo Park, California. Baru pada tahun 1999, Google berpindah kantor ke Palo Alto dan mempekerjakan 8 orang karyawan. Pada saat itu, baik Sergey dan Larry masih berstatus sebagai mahasiswa Ph.D. di Stanford University. Karena keduanya ingin befokus pada studi mereka masing-masing.

Baca Juga:   Sejarah 26 Oktober: Akhir Kisah Mbah Maridjan, Kala Merapi Menelan Juru Kuncinya Sendiri
Selamat Ulang Tahun Google, Bosscha.id

Sebelum akhirnya jadi perusahaan besar seperti saat ini, Google pun harus terlebih dulu mengalami perjuangan yang berat. Pada awal karirinya, Larry dan Sergey pernah mencoba menawarkan perusahaan kecilnya tersebut beberapa kali, namun selalu berujung pada penolakan. Bahkan, pada tahun 1997, Keduanya pernah ditolak oleh Yahoo.

Google HQ, image Wikipedia

Dan kini, Google merupakan perusahaan digital yang gencar sekali mengakuisisi startup yang berpotensi. Di antaranya, YouTube, Android, Motorola Mobility, Pyra Labs yang mengembangkan Blogger, serta Keyhole Inc yang melahirkan layanan Google Maps dan Google Earth. Hingga kini, sudah ada ratusan startup yang diakuisisi oleh Google. Sejak 2010, jika dirata-ratakan, Google telah mengakuisisi lebih dari satu perusahaan startup setiap minggu.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password