Jangan Malas! Ini Sederet Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Anda

Jangan Malas! Ini Sederet Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Anda 18
Generasi millenial perlu kembali jalan kaki untuk menjaga kesehatan (Foto: freepik.com)

Bosscha.id-Jalan kaki memang tergolong olahraga yang mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, jalan kaki juga termasuk kedalam olahraga yang ekonomis, sebab tidak memerlukan biaya atau alat berlebihan untuk melakukannya.

Meski termasuk olahraga yang mudah dan murah, ternyata dengan rajin jalan kaki, kita akan mendapat banyak manfaat jika rutin melakukannya. Dan berikut ini bosscha.id akan merangkum 10 manfaat jika kita rajin dan rutin berjalan kaki, minimal 10-30 menit sehari.

1. Mengurangi Gejala Varises

Varises akan sangat mungkin terjadi pada Anda, seiring bertambahnya usia. Kondisi ini disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah vena yang biasanya terjadi di sekitar betis dan kaki. Tapi kemungkinan itu akan bisa dihindari, jika kita rajin berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari, sehingga tidak terlihat lagi pembuluh darah vena yang menonjol dan terlihat di area betis.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jalan kaki yang satu ini pasti menjadi favorit bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin.

Hal ini berujung pada berkurangnya lemak perut. Berjalan kaki meningkatkan metabolisme tubuh dengan membakar kalori ekstra yang biasanya bertumpuk menjadi lemak. Jika asupan kalori Anda sehari-hari ternyata berlebih, maka berjalan kaki 30 menit sehari dapat membakar 200 kalori per minggunya.

3. Meningkatkan Kinerja Otak

Selain berguna untuk meningkatkan fungsi gerak anggota tubuh, manfaat jalan kaki lainnya juga memberikan pengaruh baik bagi otak. Mereka yang rutin berjalan kaki, terbukti tidak mudah pikun. Saat berjalan kaki–ukuran hippocampus–bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat akan menjadi lebih besar dan rileks.

4. kekebalan Tubuh Meningkat

Mereka yang jarang berolahraga tubuhnya akan mudah terkena penyakit, karena sistem imunnya menurun. Agar tubuh Anda mampu menangkal penyakit, cobalah untuk berjalan kaki minimal selama 30 menit. Manfaat jalan kaki ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal datangnya penyakit.

5. Memperlancar Sistem Pencernaan

Setelah Anda mengonsumsi makan-makanan berat yang penuh akan lemak dan karbohidrat, maka usahakan untuk tetap beraktifitas setelahnya. Berdiam diri atau bahkan langsung tidur setelah makan berat dapat mengganggu kinerja sistem pencernaan Anda.

Berjalan kurang lebih selama 30 menit, adalah salah satu solusi mudah untuk mengisi aktifitas setelah makan berat. Hal ini dilakukan untuk memperlancar kerja sistem pencernaan Anda. Selain itu, manfaat lainnya ialah berjalan kaki setelah makan membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan tidak memberikan lonjakan yang membahayakan untuk tubuh.

Baca Juga:   Sejarah 18 September : Meninggalnya Sang Legenda, Jimi Hendrix

6. Memperkuat Otot Paha dan Betis

Manfaat dari berjalan kaki 30 menit sehari lainnya yaitu dapat menguatkan otot paha dan betis Anda. Alih-alih terlihat bergelambir karena lemak, latihan ini bisa membuat tampilan Anda lebih baik karena otot yang mengencang. Melakukan latihan kekuatan seperti squat dan lunges bahkan dapat semakin mempercantik tampilan betis dan paha Anda.

Jangan Malas! Ini Sederet Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Anda 19
Rubah suasana hatimu dengan berjalan Kaki/ Bosscha.id

7. Suasana Hati Menjadi Lebih Baik

Mereka yang rutin jalan kaki akan mengalami perubahan sistem saraf yang membuat suasana hati lebih baik, sehingga menimbulkan rasa senang dalam diri. Manfaat jalan kaki akan lebih banyak Anda dapatkan apabila dilakukan bersama orang-orang yang Anda cintai.

Bagi Anda yang sedang mengalami stres, rutin berjalan kaki dapat mencegah dan mengurangi hal itu. Manfaat jalan kaki ini diperoleh karena tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat suasana hati lebih baik, serta mengurangi rasa cemas.

8. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa manfaat jalan kaki setiap hari bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke sebesar 20-40%. Selain itu, penelitian lain mengungkapkan bahwa mereka yang berjalan setidaknya 30 menit sehari memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30% lebih rendah.

Tidak hanya stroke dan penyakit jantung, manfaat jalan kaki juga berguna untuk menurunkan diabetes tipe 2 hingga 30%. Dengan berjalan kaki, membuat otot bekerja lebih, sehingga kemampuannya untuk menyerap glukosa lebih meningkat.

9. Mencegah Osteoporosis

Pada umumnya, osteoporosis sering dialami oleh wanita yang memasuki masa menopause. Namun osteoporosis juga bisa terjadi pada pria. Di Indonesia, kurangnya asupan kalsium diperkirakan menjadi penyebab utama osteoporosis.

Guna mencegah terjadinya osteoporosis, langkah termudah yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan kaki. Berjalan kaki pun mampu mempertahankan kesehatan tulang.

10. Melindungi Sendi Manfaat dari berjalan kaki yang terakhir adalah, dapat membantu meningkatkan rentang gerak dan mobilitas, karena berjalan kaki bisa meningkatkan aliran darah ke area yang tegang dan membantu memperkuat otot-otot disekitar persendian. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa berjalan setidaknya 10 menit sehari atau sekitar satu jam setiap minggu bisa mencegah kecacatan dan nyeri radang sendi pada orang tua.


Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password