Sejarah 2 September : Perang Dunia II Berakhir, Jepang pun Menyerah Pada Sekutu

Ledakan bom atom Hiroshima Nagasaki (Foto: mgurl)

Bosscha.id– Perang Dunia II adalah sebuah perang global, yang melibatkan banyak sekali negara di dunia, yang pada akhirnya membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan, yaitu Sekutu dan Poros. Dan perang dunia II pasca dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Perang global ini berlangsung mulai dari 1 September 1939 sampai dengan 14 Agustus 1945, terjadi di 3 benua yaitu Afrika, Asia, dan Eropa. Perang ini merupakan perang terluas dalam sejarah, karena melibatkan lebih dari 100 juta orang dari berbagai pasukan militer.

Perang Dunia 2 terbagi menjadi tiga fase; fase permulaan (1939-1942), fase titik balik (1942), dan fase akhir (1943-1945). Dalam keadaan “perang total” ini, negara-negara besar memaksimalkan seluruh kemampuan ekonomi, industri, dan ilmiahnya untuk keperluan perang, hingga tak mengenal perbedaan antara warga sipil dan militer. Sehingga banyak negara yang hidup dalam penjajahan negara lain.

Keadaan ini ditandai oleh sejumlah peristiwa penting yang mengakibatkan kematian massal warga sipil, termasuk Holocaust dan pemakaian senjata nuklir dalam peperangan. Peristiwa ini memakan korban setidaknya 50 sampai 70 jiwa. Jumlah kematian ini menjadikan Perang Dunia II sebagai konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia.

Menyerahnya Jepang pada sekutu diawali pasca dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, momen itu menjadi awal pertanda Perang Dunia II akan berakhir. Kaisar Hirohito pun turun tangan setelah terjadi dua peristiwa mengejutkan tersebut, kemudian Ia memerintahkan Dewan Penasihat Militer untuk menerima syarat-syarat yang ditawarkan Sekutu dalam Deklarasi Postdam.

Setelah berlangsung perundingan di balik layar selama beberapa hari, Kaisar Hirohito menyampaikan pidato radio kepada rakyat pada 15 Agustus 1945. Dalam pidato radio yang disebut Gyokuon-Hoso (Siaran Suara Kaisar), Hirohito membacakan Perintah Kekaisaran tentang kapitulasi, sekaligus mengumumkan kepada rakyat bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu.

Baca Juga:   Sejarah 22 September: Dimulainya Pertempuran Iran Vs Irak, Perang Terpanjang Abad 20
Berakhirnya Perang Dunia II, pasca jatuhnya bom atom di Nagasaki & Hiroshima/Bosscha.id

Lalu upacara resmi kapitulasi itu diadakan pada tanggal 2 September 1945 di atas kapal tempur Amerika Serikat Missouri di teluk Tokyo. Dokumen Perjanjian Kapitulasi Jepang tersebut ditandatangani oleh perwakilan dari Kekaisaran Jepang, Amerika Serikat, Republik China, Britania Raya dan Irlandia Utara, Uni Republik Sosialis Soviet, Persemakmuran Australia, Pemerintahan Kanada, Pemerinthan Sementara Republik Prancis, Kerajaan Belanda, dan Pemerintahan Selandia Baru.

Setelah penanda tanganan perjanjian tersebut, pemerintah Jepang secara resmi mengakhiri Perang Dunia II. Penduduk sipil dan anggota militer di negara-negara Sekutu merayakan Hari Kemenangan atas Jepang itu dengan sebutan Victory over Japan Day (V-J Day). Tapi sebagian pos komando terpencil dan personel militer di pelosok-pelosok Asia menolak keputusan untuk menyerah selama berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun, pasca pemerintah Jepang resmi menyatakan kekalahannya terhadap sekutu.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password