Ribuan Hewan di Bandung Barat Divaksinasi

Mencegah penyebaran virus, ribuan hewan di Kabuapten Bandung Barat divaksinasi. Foto: Dok (Dinas Perikanan dan Peternakan KBB).

Bosscha.id– Sebanyak 1.500 hewan terdiri anjing, kucing dan kera di Kabupaten Bandung Barat dilakukan vaksinasi rabies. Vaksinasi tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus dari genus Lyssavirus akibat luka gigitan hewan yang terkena Rabies dan berbahaya karena menyerang langsung ke saraf pusat dan otak manusia.

“Tercatat ada 1.500 hewan yang sudah dilakukan vaksinasi rabies. Sampai saat ini pun petugas masih melakukan vaksinasi rabies di sejumlah titik terhadap hewan anjing, kucing dan kera. Satu minggu ke depan kami targetkan ada 700 hewan lagi yang dilakukan vaksinasi,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Perikanan dan Peternakan KBB, Wiwin Aprianti, Ahad (1/9/2019).

Wiwin menyebutkan, sudah ada 29 kasus gigitan anjing yang mengakibatkan jumlah korban mencapai 35 orang. Bahkan kata dia, seluruh korban gigitan ini terindikasi rabies.

“Makanya kami imbau bagi warga yang tergigit anjing, langkah pertama yang dilakukan yakni mencuci dengan air mengalir menggunakan sabun selama 15 menit sekaligus diberi antiseptik dan selanjutnya diperiksa di puskesmas,” ungkapnya.

Bosscha.id

Wiwin mengatakan, vaksinasi juga dilakukan dalam rangka menyambut Hari Rabies Sedunia (HRS) yang jatuh pada 28 September 2019 mendatang. Adapun target tahun ini hewan yang menjadi sasaran vaksinasi rabies mencapai angka 3.000 ekor dari total populasi hewan anjing, kucing dan kera di KBB mencapai 4.000 ekor.

Baca Juga:   Disnakertrans KBB: Program Padat Karya untuk Bantu Korban PHK Terdampak Covid-19 Berjalan Lancar

“Masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan vaksinasi secara gratis bisa menghubungi call center dengan nomor 0811200762 dan juga nomor 08211715659. “Petugas yang turun di lapangan berjumlah 18 orang, di antaranya 4 orang merupakan dokter hewan,” terangnya.

Selain menjalankan program vaksinasi, menurut Wiwin, pihaknya juga menggenjot program kebiri pada hewan atau kastrasi yang merupakan tindakan bedah testis pada jantan atau fungsi ovarium pada betina yang saat ini gencar dilakukan di sejumlah titik.

“Kami juga menjalankan program kastrasi sebagai langkah kontrol populasi pada hewan. Untuk kastrasi ini kami targetkan ada 100 hewan yang menjadi sasaran baik kucing maupun anjing pada jantan dewasa,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password