Jaga Kesehatan Mata, Yuk! Kenali 5 Tips Mudah Ini

Mata adalah jendela hati.Menjaga kesehatan mata mempengaruhi kepribadian Anda, (Foto.Freepik.com)

Bosscha.id-Mata adalah salah satu organ yang mempunyai peran penting dalam struktur anatomi tubuh manusia. Dengan mata, manusia bisa melihat obyek, warna, dan berbagai keindahan di dunia. Coba bayangkan bila mata tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, tentu hal itu akan menghambat aktivitas atau kegiatan kita sehari-hari.

Maka dari itu, menjadi sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata. Karena sejatinya mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Ada banyak cara bisa dilakukan untuk memelihara kesehatan mata. Tapi kali ini bosscha.id akan berbagi 5 cara sederhana menjaga kesehatan mata.

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Tidak hanya tubuh, mata juga membutuhkan asupan nutrisi penting seperti Antioksidan, Omega 3, vitamin A, C, E, Zinc, dan Selenium. Zat-zat nutrisi tersebut dapat memberikan manfaat untuk menunjang fungsi retina mata, mencegah kerusakan mata hingga memperlambat perkembangan penyakit seperti katarak. Beberapa bahan makanan yang mengandung zat nutrisi yang diperlukan mata antara lain buah dan sayur-sayuran berdaun hijau seperti wortel, tomat, jeruk, anggur, stroberi, anggur, bayam, brokoli, paprika, telur, dan susu.

Makanan Yang Baik Untuk Mata Anda, Bosscha.id

Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Handphone atau Gadget Lainnya

Menatap layar handphone atau gadget lainnya terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, dan pandangan menjadi kabur. Jika Anda bekerja di depan layar sepanjang hari, alangkah baiknya tiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik, untuk mengurangi ketegangan pada mata. Atau bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali. Jika mata Anda terasa kering, seringlah mengedipkan mata.

Baca Juga:   Penerapan Protokol Kesehatan Tempat Wisata di Jabar Diawasi Ketat

Hindari Membaca Dalam Keadaan Gelap

Jika kita membaca dalam kondisi gelap, mata akan dipaksa bekerja lebih keras untuk menyesuaikan dengan pencahayaan dalam ruangan. Kebiasaan negatif ini juga dapat mengakibatkan mata minus atau silindris. Untuk itu, ada baiknya untuk memperhatikan penggunaan penerangan yang baik ketika akan membaca. Jangan paksakan mata untuk membaca di ruangan yang pencahayaannya kurang atau gelap.

Gunakan Kaca Mata Hitam

Bukan hanya kulit yang perlu dilindungi dari efek sinar ultraviolet matahari, mata juga perlu dilindungi darinya. Mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet dapat mengalami katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata. Oleh karena itu, pakailah kacamata hitam ketika akan bepergian pada siang hari, karena itu dapat memblokir sinar UVA dan UVB.

Ikuti Aturan 20-20-20

Mata itu membutuhkan waktu istirahat. Ketegangan pada mata dapat mengurangi kemampuan penglihatan. Maka untuk memberikan waktu istirahat yang cukup untuk mata, ada baiknya kita perlu mengikuti aturan 20-20-20, yaitu: setiap 20 menit, kita harus berhenti menatap layar handphone atau gadget dan berpindah ke objek lain sejauh 20 kaki selama 20 detik. Dengan begitu mata kita bisa lebih teratur beristirahat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password