Ternyata Ini 5 Tips Liburan Hemat Tapi Tetap Menyenangkan

Berlibur tak harus mahal yang penting menyenangkan, (Foto: Shutterstock)

Bosscha.id-Bagi Anda yang sudah lelah bekerja tentu saja butuh memanjakan diri dan pikiran. Selain memanjakan diri, tentunya Anda harus menyempatkan waktu untuk quality time bersama keluarga tercinta.

Pikinik atau berlibur adalah cara yang apling efektif untuk mewujudkan semua itu. Tapi biasanya, keinginan piknik atau liburan itu sring tertunda atau bhakan batal dilasanakan karena terbentur masalah biaya.

Anda tak perlu khawatir, karena masih banyak cara untuk tetap bisa piknik atau berlibur tapi dengan biaya yang minim dan terjangkau. Kali ini bosscha.id akan berbagi 5 tips bagaimana caranya agar bisa tetap berlibur dengan hemat tapi tetap menyenangkan.

 Lakukan Survei Lokasi Liburan Lebih Dulu

Sebelum memutuskan untuk pergi berlibur, Anda pasti harus menentukan kemana akan pergi. Dan untuk memastikan bahwa tempat yang ingin didatangi itu cocok dengan ekspektasi dan keuangan Anda atau tidak, alngkah baiknya lakukanlah survei terlebih dahulu. Di era serba digital seperti saat ini, survei bisa dilakukan melalui internet, lewat situs-situs penyedia layanan travel.

Dengan melakukan survei terlebih dahulu, Anda bisa mulai menghitung kisaran biaya yang dibutuhkan untuk berlibur ke tempat yang ingin Anda dan keluarga tuju, selain itu dengan survei terlebih dahulu Anda bisa mengetahui jika ada promosi atau diskon, manfaatkan program itu, agar Anda bisa lebih hemat.

Jangan Pergi Pada Musim Liburan

Sebagian besar tempat wisata, akan menaikan harga pada saat musim liburan atau high season akan lebih mahal daripada ketika di musim biasa atau low season. Oleh karena itu, Anda akan bisa lebih berhemat jika pergi sebelum atau setelah musim liburan tiba. Selain itu, Anda akan dapat lebih leluasa jika pergi bukan pada musim liburan, karena biasanya tempat wisata lebih sepi, dan sudah pasti Anda akan bisa lebih menikmati liburan dalm kondisi seperti itu.

Utamakan Kenyamanan Bukan Kemewahan

Lupakan sejanak tentang liburan mewah jika Anda ingin berhemat. Namun perlu diingat, jangan sampai karena ingin sangat berhemat, liburan malah menjadi tidak nyaman. Utamakan kenyamanan Anda dan keluarga, baik dalam memilih transportasi, tempat tinggal, atau guide wisata. Poin terpentingnya adalah rasa nyaman, karena dengan begitu Anda dan keluarga pasti akan senang.

Baca Juga:   Digelar di Tengah Pandemi Covid-19, Tes SKB CPNS di Bandung Barat Berjalan Sukses

Tapi pastinya akan lebih menyenangkan lagi jika Anda bisa liburan dengan nyaman, mewah, tapi dengan biaya yang murah. Mungkin saja itu bisa terjadi, jika Anda jeli ketika melakukan survei seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama di atas.

Membawa Dana Tunai

Selalu membawa uang tunai selama berlibur. Tentu saja bukan untuk dipakai berfoya-foya, tapi dengan membawa uang tunai, Anda akan lebih bisa mengatur pengeluaran selama liburan. Dengan membawa uang tunai, Anda bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga dapat berpikir dua kali sebelum mengeluarkannya untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak.

Tapi jika Anda khawatir akan keamanan karena membawa uang tunai, bawalah uang secukupnya saja, namun tetap bawa debit atau kartu kredit Anda. Hal ini bisa membantu Anda jika membutuhkan uang mendadak. Tapi perlu diingat,  jangan sampai karena membawa debit dan kartu kredit, Anda mejadi gelap mata dan malah menghamburkannya untuk keperluan yang tidak mendesak.

Buat Daftar Belanja Sebelum Pergi Berlibur

Hal ini harus menjadi pokok pikiran Anda yang terakhir, karena ini seringkali hal ini menjadi sumber pengeluaran terbesar saat liburan. Saat pergi ke tempat berlibur, tentu saja membeli oleh-oleh dan beberapa barang saat liburan seakan menjadi suatu keharusan, karena dengan begitu Anda dan keluarga dapat mengenang momen-momen ketika liburan. Tetapi jangan jadikan belanja sebagai prioritas utama, jika Anda tidak ingin kehabisan uang setelah selesai liburan.

Selain itu, carilah tempat berbelanja yang murah tapi bagus. Biasanya berbelanja di pasar tradisional akan lebih murah dan beragam daripada berbelanja di toko cinderamata.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password