Sejarah 27 Agustus : Heinkel He 178, Pesawat Jet Pertama yang Terbang

Sketsa Bentuk Pesawat Jet Heinkel He 178, Sumber: Encyclopedia

Bosscha.id-Heinkel He 178 adalah pesawat pertama di dunia yang terbang di bawah tenaga mesin turbojet, dan merupakan pesawat jet praktis pertama di dunia. Heinkel He 178, dibuat oleh perusahaan Jerman Heinkel.

Pengembangan pesawat Jet ini diawali pada tahun 1936, dimana waktu itu seorang teknisi muda bernama Hans Von Ohain mematenkan sebuah konsep mesin dengan gas buang berasal dari gas turbine. Dimana konsep tersebut di sampaikan kepada Ernst Heinkel (Direktur Heinkel), yang kemudian menyetujui untuk membantu mengembangkan konsep tersebut.

Hans Von Ohain berhasil mendemostrasikan mesin pertamanya Heinkel HeS 1 pada tahun 1937 dan sebuah rencana untuk mengujinya dalam pesawat sesungguhnya segera di rencanakan. Lalu, dikemudian hari He 178 dirancang menggunakan mesin ketiga dari Von Ohain yaitu HeS 3, yang berbahan bakar diesel. Hasilnya adalah sebuah pesawat kecil dengan bodi logam konfigurasi dan konstruksi konvensional.

Pilot Penguji Heinkel He 178 Merupakan Pilot Pesawat Roket Pertama, Bosscha.id

Lalu Heinkel He 178 melakukan penerbangan pertamanya pada 27 Agustus 1939, tepat satu hari sebelum Nazi menginvasi Polandia. Pilot pengujinya kala itu adalah Erich Warsitz, orang yang sama yang menerbangkan pesawat roket pertama didunia, Heinkel He 176 pada Juni 1939.

Baca Juga:   Pembantaian di Bar Meksiko Tewaskan 11 Orang

Uji coba terus dilakukan, tapi He 178 belum juga mencapai hasil yang memuaskan, bahkan setelah menggunakan mesin HeS 6 yang berdaya dorong 1.300 lbs, pesawat ini hanya mampu mencapai kecepatan 598 km/jam dan hanya bertahan 10 menit di udara.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password