Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Baru Bangun Tidur

Suasana Hati dan Hal Yang Pertama Dilakukan Saat Bangun Tidur Mempengaruhi Harimu, (Freepik.com)

Bosscha.id-Tahukah kita jika suasana hati saat pagi hari atau hal pertama yang kita lakukan setelah bangun tidur pada pagi hari ternyata bisa berpengaruh pada semangat dan kesehatan tubuh. Maka sebaiknya kita juga harus tahu hal apa saja yang sebaiknya tidak kita lakukan di pagi hari.

Hal yang baik dan boleh kita lakukan ketika baru bangun tidur di pagi hari diantaranya: Meregangkan tubuh, Jalan-jalan pagi, dan menjemur badan dibawah terik sinar matahari pagi. Lalu, hal apa saja kah yang sebaiknya tidak kita lakukan di pagi hari, agar semangat dan kondisi tubuh tetap fresh sepanjang hari. Dan berikut ini bosscha.id akan berbagi beberapa hal yang sebaiknya kita hindari atau tidak dilakukan pada saat baru bangun tidur di pagi hari.

Melakukan Olah Raga Berat

Hal pertama yang sebaiknya tidak kita lakukan ketika baru bangun tidur di pagi hari adalah langsung melakukan olahraga berat. Berolahraga secara rutin memang bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak langsung melakukan olahraga berat saat baru saja bangun tidur. Karena pada saat itu, tubuh masih belum benar-benar berada dalam kondisi yang siap untuk melakukan aktifitas fisik yang berat. Sehingga jika kita langsung melakukan aktivitas olahraga yang berat, dikhawatirkan kita pun akan beresiko terkena cedera.

Bermain Handphone

Handphone atau gadget lainnya, saat ini sudah menjadi barang yang susah untuk dipisahkan dalam kehidupan kita. Bahkan pada saat baru bangun tidur, tak jarang banyak orang yang langsung bermain handphone, walaupun hanya untuk sekedar mengecek notifikasi sosial media atau mengecek inbox pesan pribadi anda. Sepele memang, tapi jika hal itu dilakukan pada pagi hari saat baru bangun tidur, itu bisa berpengaruh pada pikiran anda, yang seharusnya anda melakukan tugas penting yang biasa dilakukan. Ini malah harus berlama-lama di tempat tidur dengan sambil bermain handphone yang sebernya tidak terlalu penting untuk dilakukan.

Langsung Meminum Kopi

Baca Juga:   Kota Madrid kembali Lockdown Tekan Lonjakan Kasus Covid-19

Kalau anda adalah tipe orang yang suka memilih untuk minum kopi di pagi hari untuk membantu menghilangkan rasa ngantuk, lebih baik pertimbangkan lagi kebiasaan ini. Karena dampak buruk dari kebiasaan minum kopi di pagi hari adalah bisa menganggu jam tubuh alami Anda. Karena tubuh akan melepaskan hormon kotisol paling banyak pada pukul 8 sampai 9 pagi untuk memastikan Anda terbangun sepenuhnya. Jika anda minum kopi di pagi hari, itu dapat menganggu proses alami ini dengan menurunkan kadar kortisol.

Bangun Tidur Jangan Langsung Lakukan 4 Hal Ini, Infografis Bosscha.id

Apalagi jika anda minum kopi dalam keadaan perut kosong, itu sangat tidak disarankan. Dr. Adam Simon, chief medical officer di  PushDoctor, menuturkan kalau minum kopi saat perut kosong dapat membuat tubuh dehidrasi. Efeknya, detak jantung pun jadi tidak teratur.  Hal ini kemudian akan membuat jantung anda bekerja lebih keras dan pada akhirnya, itu akan mempengaruhi tekanan darah.

Lupa Minum Air Putih

Hal terakhir yang sebaiknya tidak kita lakukan pada saat baru bangun tidur di pagi hari adalah, lupa atau tidak minum air putih. Setelah bangun dari tempat tidur, jangan lupa untuk mengambil 1-2 gelas air untuk terhindar dari dehidrasi. Minum air putih saat perut kosong membantu menyeimbangkan sistem limfatik. Sistem limfatik adalah sistem yang berhubungan dengan cairan getah bening di tubuh.

Ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun di tubuh kita. Selain itu, dengan minum air putih, baik untuk metabolisme tubuh. Usus besar di tubuh kita jadi lebih siap untuk menyerap nutrisi. Minum air putih di pagi hari juga bisa mencegah asam lambung naik. Sehingga mencegah gangguan pencernaan. Metabolisme yang baik memengaruhi sistem pencernaan yang baik juga.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password