Terbiasa Tidur Pagi ? Waspada 6 Bahaya Ini Mengintai Anda

Terlalu Lama Tidur Bisa Menyebabkan Sakit Kepala, (Sumber Foto: Freepik.com)

Bosscha.id-Tidak sedikit orang yang terbiasa untuk tidur di pagi hari. Meskipun bisa membuat tubuh mendapatkan waktu tidur yang cukup, pakar kesehatan menyebut kebiasaan tidur sebelum pukul 11.00 siang, akan menyebabkan masalah kesehatan tertentu.

Lalu bahaya apa sajakah yang mungkin ditimbulkan jika kita terbiasa tidur di pagi hari?. Berikut ini bosscha.id akan merangkum 6 bahaya kesehatan yang akan mengancam jika kita terbiasa tidur pada pagi hari.

1.Gangguan Metabolisme Tubuh

Bahaya tidur di pagi hari yang pertama ialah adanya permasalahan pada sistem metabolisme. Tubuh yang telah mempunyai waktu & sistem kerjan yang telah teratur, akan menjadi terganggu. Ini artinya badan menyesuaikan sistem metabolisme dengan waktu beristirahat Anda sendiri.

Ketika Anda terlalu banyak tidur ataupun tidur di pagi hari, sistem metabolisme menjadi kacau. Badan akan lebih lama dalam memproses metabolisme yang seharusnya. Mau tidak mau Anda akan merasakan efek lapar jauh lebih lama, dengan begitu, kecepatan proses metabolisme pun terganggu.

2.Meningkatkan Risiko Diabetes

Karena terganggunya sistem metabolisme ini membuat tubuh kesulitan mengendalikan kadar gula darah tubuh sehingga bisa menyebabkan datangnya penyakit ini.

Sebaliknya, penderita diabetes ternyata juga cenderung lebih mudah tidur di pagi hari. Hal ini disebabkan oleh rendahnya produksi insulin yang membuat tubuh tak mampu mengubah glukosa atau gula darah menjadi energi. Tubuh yang tidak memiliki energi tentu akan mudah lesu dan mengantuk, termasuk di pagi hari.

3.Anemia

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan tidur di pagi hari bisa menyebabkan datangnya anemia. Hal ini tidak hanya menyebabkan tubuh menjadi lebih lesu, melainkan juga bisa mempengaruhi kondisi organ atau jaringan tubuh secara keseluruhan.

Sering tidur di pagi hari ternyata juga bisa memicu gangguan fungsi otak dan gangguan pencernaan. Melihat fakta ini, kita memang sebaiknya tidak sering melakukannya dan memastikan bahwa tidur malam kita dilakukan dengan cukup.

Baca Juga:   Bupati Aa Umbara: Kinerja Semua ASN KBB Bakal Dievaluasi

4.Depresi

Orang-orang yang terbiasa tidur larut malam atau yang sering begadang, dan mengganti tidurnya menjadi pada pagi hari, sangat rentan terkena depresi, atau gangguan kesehatan mental lainnya. Selain berbahaya bagi kondisi psikis, hal ini juga bisa meningkatkan risiko terkena peradangan pada tubuh yang tentu akan bisa mendatangkan berbagai macam penyakit fisik.

Waspada 6 Bahaya Akibat Keseringan Tidur Pagi, Bosscha.id

Selain itu, rasa ngantuk berlebihan yang Anda rasakan pada pagi hari maupun siang hari bisa membahayakan aktivitas sehari-hari. Hal ini dapat mengganggu kinerja anda dalam bekerja dan anda akan menimbulkan rasa emosi yang tidak stabil.

5.Sakit Kepala

Tidur terlalu lama, termasuk jika kita tidur kembali di pagi hari ternyata juga bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh adanya cairan bernama serebrospinal yang justru terus mengalir di otak akibat kita tidur terlalu lama. Hal inilah yang bisa menyebabkan datangnya sakit kepala yang memicu rasa tidak nyaman seharian.

6.Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Nurses Health Study dilakukan dengan melibatkan 72 ribu wanita. Hasil dari penelitian ini adalah, jika wanita tidur terlalu lama atau terbiasa melakukannya hingga pagi hari, maka risiko untuk terkena penyakit jantung bisa meningkat hingga 38 persen lebih tinggi. Kekacauan metabolisme ditengarai ikut berpengaruh pada kesehatan jantung dan pembuluh darah dengan signifikan.

Itu lah tadi 6 bahaya yang akan menyerang jika anda terbiasa tidur pada pagi hari. Jadi berlaku bijak lah terhadap tubuh kita sendiri. Atur aktivitas kita di malam hari, agar kita bisa mengatur jam istirahat bagi tubuh. Jangan sampai kita menyesal pada akhirnya jika bahaya tersebut terjadi pada anda.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password