Anggota DPRD Bandung Barat 2019-2024 Resmi Dilantik

Anggota DPRD Bandung Barat 2019-2024 Resmi Dilantik 19
Anggota DPRD KBB periode 2019-2024 rasmi dlilantik/ Bosscha.id

SEBANYAK 49 dari 50 anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat terpilih periode 2019-2024 sah dilantik di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Senin (26/8/2019). Adapun seorang anggota dewan lainnya tidak hadir lantaran sedang melaksanakan ibadah haji.

Dari 50 anggota terpilih, 21 di antaranya merupakan wajah baru dan 29 petahana. Mereka akan bekerja untuk periode 2019-2024. 

Sementara itu, partai yang paling banyak menempati kursi DPRD KBB yaitu PKS dengan jumlah 8 kursi. Berdasarkan data surat keputusan pelantikan, sebanyak 8 anggota DPRD yang dilantik berasal dari PKS, PDIP 7 orang, Partai Gerindra sebanyak 7 orang, Partai Golkar 5 orang, PKB sebanyak 5 orang, Partai Demokrat 5 orang, PAN 4 orang, Nasdem 4 orang, PPP sebanyak 3 orang, dan Perindo 1 orang.

“Satu orang anggota DPRD (dari Partai Demokrat) tidak hadir karena sedang melaksanakan ibadah haji. Nanti, dia akan dilantik oleh pimpinan dewan definitif,” kata Sekretaris DPRD KBB Rony Rudiana seusai pelantikan .

Rony mengungkapkan, seusai pelantikan anggota dewan terpilih, agenda selanjutnya, yaitu pembentukan fraksi, perumusan tata tertib DPRD, dan pembentukan pimpinan definitif. Agenda tersebut akan dipimpin oleh ketua sementara DPRD KBB, yakni Bagja Setiawan dari PKS.

“Mulai besok, agenda selanjutnya akan berjalan dan difasilitasi oleh pimpinan dewan sementara sampai pembentukan ketua dewan definitif nanti,” ujarnya.

Anggota DPRD Bandung Barat 2019-2024 Resmi Dilantik 20
Pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD KBB periode 2019-2024 oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bale Bandung

Untuk pelantikan tersebut, menurut Rony pihaknya menyebarkan 750 undangan dengan jatah 5 anggota keluarga dari setiap anggota dewan terpilih.

“Kami siapkan 700 undangan untuk tamu yang hadir. Mulai dari unsur pemerintahan, muspida, instansi vertikal seperti TNI/Polri, KPU, Bawaslu, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat (ormas) dan lapisan masyarakat lainnya sesuai dengan undangan yang disebar,” kata Rony.

Baca Juga:   Daya Tampung TPA Sarimukti Memungkinkan Sampai 2023

Sementara itu, Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan berharap agar para anggota dewan terpilih siap bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun Bandung Barat. Menurutnya, hal itu membutuhkan inovasi, kreativitas, dan kolaborasi yang baik antara lembaga eksekutif dan legislatif.

Anggota dewan terpilih harus bisa menjalankan fungsi pengawasan. Stigma negatif DPRD juga harus dihilangkan. Tidak pragmatis, partisipatif, apalogis dan koruptif,” kata Hengki saat membacakan sambutan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di hadapan Anggota DPRD terplih.

Anggota DPRD Bandung Barat 2019-2024 Resmi Dilantik 21
Nama-nama Anggota DPRD KBB terpilih periode 2019-2024

Pelaksana Jabatan Sementara (Pjs) Ketua DPRD KBB , Bagja Setiawan mengatakan, kini banyak tugas yang harus diselsaikan pasca pelantikan, diantaranya melakukan pembentukan fraksi. 

“Ini karena ada beberapa fraksi yang suaranya kurang dari 4 dan harus bergabung. Dan ini tugas saya bersama Wakil Ketua untuk membangun komuikasi di lintas fraksi,” ujar Bagja.

Bagja juga mengatakan, yang lebih penting saat ini adalah segera diputuskannya Ketua DPRD definitf.

“Banyak kepentingan masyarakat yang harus segera diakomodir. Makanya, sekarang perlu ada percepatan terkait APBD perubahan. Untuk pengesahan APBD perubahan nanti, karman itu harus sudah ada Ketua definitif,” kata Bagja. Advertorial**

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password