Anda Insomnia? Inilah 5 Tips Mencegahnya

Anda Insomnia? Inilah 5 Tips Mencegahnya 18
Ubah Gaya Hidup Anda Agar Kualitas Tidur Lebih Baik, Bosscha.id

Bosscha.id-Banyak orang yang memiliki gangguan tidur di malam hari, atau dikenal dengan istilah insomnia. Tak jarang diantara mereka yang memiliki gangguan insomnia telah mencoba berbagai cara untuk mengatasi gangguan itu, namun hasilnya nihil.

Gangguan tidur memiliki dua tipe, yaitu tipe primer dan sekunder. Tipe primer menandakan bahwa insomnia sebagai penyakit, yaitu muncul dengan sendirinya tidak terkait dengan kondisi medis apa pun. Sementara tipe sekunder menandakan sebagai gejala yang muncul akibat adanya kondisi medis lain.

Selain itu, gangguan tidur ini juga dibedakan berdasarkan intensitasnya, yaitu akut dan kronis. Insomnia akut terjadi dalam jangka pendek. Ini berlangsung dari satu malam hingga atau dalam beberapa minggu, hanya saja gejalanya datang dan pergi. Sementara insomnia kronis bisa bertahan lebih lama, yaitu tiga malam seminggu, sebulan, atau lebih dan hampir dirasakan setiap malam.

Cara pengobatannya bisa dilakukan dengan beberapa cara, bisa dengan datang ke dokter lalu kemudian diberi resep obat, atau anda juga bisa menjalani terapi. Tapi, sebelum menjalani dua cara itu, ada baiknya Anda juga perlu melakukan perubahan gaya hidup agar kualitas tidur jadi lebih baik. Dan berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi insomnia.

Lakukan Olahraga Rutin

Dengan rutin berolahraga, itu akan menyehatkan tubuh Anda secara menyeluruh. Aktivitas fisik ini membuat Anda lebih waspada, mempercepat metabolisme, dan mengurangi stres. Anda bisa melakukan olahraga secara rutin, yaitu 30 menit sebanyak 5 kali seminggu.

Disarankan untuk melakukan olahraga di pagi hari supaya sinar matahari bisa menormalkan kembali jam biologis tubuh. Sebaliknya, Anda harus menghindari olahraga di malam hari, yaitu tepatnya kurang dari 3 jam menjelang waktu tidur. Ini bisa menyebabkan metabolisme, suhu tubuh, dan energi meningkat sehingga Anda akan mengalami kesulitan untuk tidur.

Hindari Konsumsi Kafein Dan Alkohol

Kafein memang menjadi andalan untuk mengatasi kantuk. Makanan atau minuman yang mengandung kafein jika diminum tidak pada waktu yang tepat, misalnya kurang dari 4 jam menjelang waktu tidur bisa menyebabkan insomnia.

Begitu juga dengan alkohol. Minuman ini bisa membuat Anda terus buang air kecil di tengah malam sehingga Anda jadi tidak bisa tidur dengan nyenyak. Jika Anda sedang mengalami insomnia atau tidak ingin mengalaminya, hindari dua jenis minuman ini.

Baca Juga:   Sejarah 14 September: Presiden Amerika ke-3 Tewas Ditembak

Hindari Makan Malam

Makan malam sebaiknya tidak boleh mendekati waktu tidur Anda. Selain menyebabkan berat badan naik karena kalori yang Anda dapat tidak digunakan secara maksimal untuk beraktivitas, perut juga akan terasa kenyang. Akibatnya, Anda akan kesulitan untuk tidur karena perut terasa penuh.

Kebiasaan buruk ini juga bisa memicu naiknya asam lambung. Tidur sehabis makan menyebabkan asam yang diproduksi lambung untuk mencerna makan naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan heartburn dan terus bersendawa.

Anda Insomnia? Inilah 5 Tips Mencegahnya 19
Lakukan 5 Hal Ini Untuk Hindari Insomnia, Bosscha.id

Alangkah baiknya, atur kembali jam makan malam Anda. Setidaknya 3 atau 4 jam sebelum tidur. Selain itu, perhatikan porsi dan jenis makanannya. Jika Anda memilih makanan yang pedas dalam porsi cukup banyak, malam hari atau esok harinya Anda kemungkinan besar akan mengalami masalah pencernaan, misalnya perut mulas atau diare.

Jangan Terlalu Lama Tidur Di Siang Hari

Tidur siang memang bisa membantu Anda mengatasi kantuk. Layaknya mengisi baterai, tidur siang bisa membuat tubuh Anda kembali berenergi dan lebih fokus melakukan pekerjaan. Sayangnya, banyak orang yang kebablasan tidur siang.

Baiknya, tidur siang dilakukan tidak lebih dari 20 menit. Jika Anda tidur berjam-jam, Anda akan semakin mengantuk. Selain itu, sakit kepala juga bisa terjadi. Karena sudah puas tidur, mata Anda akan terjaga hingga larut dan sulit untuk memulai tidur. Inilah alasannya kenapa Anda sebaiknya jangan tidur siang terlalu lama.

Cegah Stres

Stres, cemas, dan takut membuat otak Anda menjadi aktif. Hal ini terjadi karena pikiran Anda tersita untuk memikirkan masalah dan kemungkinan buruk yang akan terjadi. Akibatnya, Anda akan kesulitan untuk memejamkan mata.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah sekaligus mengatasi stres. Mulai dari hal yang paling mudah, yaitu terapi refleksi, meluangkan waktu untuk diri sendiri, atau melakukan konsultasi dengan dokter atau psikolog.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password