Israel Larang Anggota Kongres Muslim AS Berkunjung

Israel Larang Anggota Kongres Muslim AS Berkunjung 19
Ilhan Omar.(AP Photo/J. Scott Applewhite)

Bosscha.id– Israel melarang dua anggota kongres Muslim Amerika Serikat, Ilhan Omar dan Rashida Tlaib berkunjung ke negaranya. Keputusan ini sangat didukung oleh Presiden Donald Trump.

Dilaporkan CNN Indonesia, Ilhan Omar dan Rashida Tlaib dikenal sebagai anggota kongres yang turut mendukung boikot Israel atas perlakuannya terhadap Palestina. Keduanya juga sering melayangkan kritik ke Trump yang disebut memiliki hubungan dekat dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Netanyahu menyebut langkah ini mesti diambil sebab kedatangan dua anggota kongres itu dianggap membahayakan. 

“Satu-satu tujuan mereka adalah untuk menyakiti Israel dan meningkatkan hasutan untuk menentangnya.”

Namun, Politisi AS meminta Israel mempertimbangkan kembali langkah tersebut. Pejabat senior Palestina Hanan Ashrawi juga menyebut penolakan itu sebagai “tindakan permusuhan yang keterlaluan terhadap rakyat Amerika dan perwakilan mereka”.

Omar sendiri menganggap ini merupakan keputusan “mengerikan” dan “penghinaan terhadap nilai-nilai demokrasi.”

Israel Larang Anggota Kongres Muslim AS Berkunjung 20
Anggota kongres Muslim Amerika Serikat, Ilhan Omar/ Bosscha.id

Omar dan Tlaib, yang berdarah Palestina, rencananya tiba di Israel pada akhir pekan dalam kunjungan yang akan membawa mereka ke wilayah Palestina.

Sebelum Israel mengumumkan keputusan melarang, kerabat Tlaib di desa Beit Ur Al-Foqa di Tepi Barat telah bersiap menyambut kunjungannya.

Baca Juga:   Singapura Dorong Swasta Biayai Proyek Infrastruktur

Sementara para pejabat Israel mengaku akan mempertimbangkan permintaan kemanusiaan dari Tlaib yang berniat mengunjungi keluarganya di mana dalam perjalanan itu dia harus melalui Israel.

Pelarangan ini disampaikan Israel setelah Donald Trump mengeluarkan imbauan untuk melarang anggota kongres Demokrat itu.

“Itu akan menunjukkan kelemahan besar jika Israel mengizinkan Omar dan Tlaib untuk berkunjung,” tulis Trump di Twitter.

“Mereka membenci Israel & semua orang Yahudi, & tidak ada yang bisa dikatakan atau dilakukan untuk mengubah pikiran mereka … Mereka memalukan!”

Source: CNN Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password