Sejarah 13 Agustus: Dimulainya Pembangunan Tembok Berlin

Sejarah 13 Agustus: Dimulainya Pembangunan Tembok Berlin 19
Tembok Berlin Berhasil Mencegah 5000 Orang Yang Mencoba Kabur. (Dok.Istimewa)

Bosscha.id-Hari ini 58 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 13 Agustus 1961, Tembok Berlin (dalam bahasa Jerman : Berliner Mauer) mulai dibangun oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur, yang waktu itu diduduki oleh Soviet) di bawah pimpinan Walter Ulbricht .

Tembok yang memiliki panjang 155 Km dan tinggi 3,6 m ini menjadi pemisah antara Berlin Barat dan Berlin Timur. Jerman Timur selain membangun tembok, Jerman Timur juga membangun menara di sepanjang tembok ini dan pendirian daerah terlarang yang dipasang ranjau anti-kendaraan.

Blok Timur menyatakan bahwa tembok ini dibangun untuk melindungi para warganya dari elemen-elemen fasis yang dapat memicu gerakan-gerakan besar, sehingga mereka dapat membentuk pemerintahan komunis di Jerman Timur. Meski begitu, dalam praktiknya, ternyata tembok ini digunakan untuk mencegah semakin besar larinya penduduk Berlin Timur ke wilayah Berlin Barat, yang berada dalam wilayah Jerman Barat.

Sebelum pembangunan tembok ini, ada sekitar 3,5 juta warga Jerman Timur yang bermigrasi dan membelot ke barat, salah satunya dengan melewati perbatasan Jerman Timur dan Jerman Barat, lalu kemudian mereka pun bisa pergi ke negara Eropa Barat lainnya.

Antara tahun 1961 dan 1989, tembok ini pun berhasil mencegah hal itu. Di rentang waktu kira-kira 30 tahun itu, ada sekitar 5.000 orang yang mencoba kabur, dengan estimasi ada 100 sampai 200 orang yang meninggal karena ditembak.

Runtuhnya tembok Berlin

Pada medio tahun 1989, ada perubahan politik radikal di kawasan Blok Timur, yang berhubungan dengan liberalisasi sistem otoritas di Blok Timur dan juga mulai berkurangnya pengaruh Uni Soviet di negara-negara seperti Polandia dan Hungaria. Setelah kerusuhan sipil selama beberapa minggu, pemerintah Jerman Timur mengumumkan tanggal 9 November 1989 bahwa rakyat Jerman Timur boleh pergi ke Jerman Barat dan Berlin Barat.

Baca Juga:   Inilah 5 Efek Samping Menggunakan Gel Rambut Secara Berlebihan
Sejarah 13 Agustus: Dimulainya Pembangunan Tembok Berlin 20
Gelombang Protes Warga Jerman Timur Berhasil Meruntuhkan Tembok Berlin, Bosscha.id

Maka, kerumunan orang Jerman Timur pun tak terelekan, mereka menyeberangi dan memanjat tembok itu, diikuti pula dengan warga Jerman Barat di sisi lain untuk merayakan atmosfer kebebasan. Beberapa minggu setelahnya, euforia publik akhirnya meretakkan bagian-bagian tembok itu. Nantinya, sebagian besar tembok ini dihancurkan oleh pemerintah menggunakan alat berat. Pasca  dihancurkannya Tembok Berlin, Jerman Timur dan Barat kembali menjadi satu bangsa lagi.

Bersatunya Kembali Jerman

Penyatuan kembali Jerman (Jerman Deutsche Wiedervereinigung) berlangsung pada tanggal 3 Oktober 1990, ketika mantan daerah Republik Demokratis Jerman (Jerman Timur) digabungkan ke dalam Republik Federal Jerman (Jerman Barat).

Dan hari ini, 30 tahun pasca runtuhnya tembok berlin, Sisa tembok yang paling panjang sekarang dapat ditemukan di antara distrik Friedrichschain dan Kreuzberg. Dengan panjang 1,3 km, sisa tembok Berlin tersebut sekarang telah diubah menjadi galeri sejak tahun 1990 (tepat satu tahun pasca diruntuhkannya) dan masih bertahan sampai sekarang. Dikenal dengan nama East Side Gallery, tembok panjang tersebut dipartisi dan saat ini memiliki 105 lukisan yang dibuat oleh artis-artis dari seluruh dunia.

Tidak kurang dari 3 juta pengunjung datang setiap tahunnya untuk melihat deretan lukisan di tembok tersebut. Lukisan-lukisan tersebut menggambarkan perubahan dan harapan yang lebih baik untuk seluruh orang di dunia.

Tidak semua pesan yang disampaikan melalui lukisan tersebut diterima oleh orang-orang. Akibatnya beberapa lukisan menjadi objek vandalisme dan harus direstorasi berkali-kali.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password