Awas Jebol Dompet! Berikut Ini 5 Tips Belanja Online.

Awas Jebol Dompet! Berikut Ini 5 Tips Belanja Online. 18
Kemudahan berbelanja online harus disikapi dengan bijak agar tidak boros. Bosscha.id

Bosscha.id-Di era perkembangan internet yang terus melesat seperti saat ini, tak bisa dipungkiri kalau itu sangat mempengaruhi banyak aspek termasuk perilaku berbelanja. Kurangnya kontrol bisa menyebabkan kita boros berbelanja, lantas hal apa saja yang harus diperhatikan agar tetap hemat berbelanja online?.

Hanya dengan bermodalkan gadget dan akses internet, saat ini kita dapat langsung berbelanja tanpa perlu ke luar rumah, bahkan tanpa perlu ribet, tinggal klik produk yang diminati, transfer, maka barang idaman pun akan sampai ke rumah.

Di sisi lain, tidak dapat dihindari bahwa kemudahan belanja online dapat memicu perilaku boros dan impulsif. Bisa jadi niat awalnya hanya ingin melihat-lihat produk, tetapi malah menghabiskan banyak uang untuk membeli banyak produk. Yang mungkin bahkan saat ini kita belum memerlukan produk yang kita beli.

Oleh sebab itu, agar tidak terlampau boros, ada baiknya kita perlu memikirkan langkah bijak sebelum belanja online. Dan berikut ini bosscha.id akan berbagi tips, agar bisa belanja murah dan tentunya tanpa membuat kantong jebol.

Cari Merchant Termurah

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, pastikan untuk melakukan survei terlebih dahulu dengan cara mengunjungi beberapa merchant atau lapak-lapak online lain yang menawarkan jenis produk serupa tapi dengan harga yang berbeda. Tentu bagi kita yang gemar belanja online pasti sudah pernah mendengar tips belanja online yang satu ini. Bandingkan harga untuk produk yang sama di masing-masing merchant dan temukan harga termurah.

Manfaatkan Kode Promo

Ketika sedang berselancar belanja online, kita tak jarang malah terlalu asik memilih barang, lalu check-out, dan bayar, bahkan lupa untuk berinisiatif mencari kode promo. Padahal, jika lebih jeli, kita bisa menemukan kode promo yang sebenarnya ada dan dapat digunakan untuk produk yang dibeli. Jadi, sebelum berbelanja, biasakan mencari tahu kode promo atau voucher toko online. Salah satu tips yang dapat diterapkan untuk mencari kode promo dengan mudah dan efektif adalah mengunjungi situs dan aplikasi penyedia kode promo toko online. Melalui situs dan aplikasi tersebut, kita bisa mendapatkan kode promo toko online agar lebih hemat saat berbelanja.

Baca Juga:   Gemar Makan Nasi Padang?, Simak 5 Fakta Unik Masakan Padang Berikut Ini

Jadi Pemburu flash sale

Jika kita sedang membutuhkan suatu produk atau sudah mengincar produk dari jauh-jauh hari?. Tidak ada salahnya mampir ke flash sale yang sering diadakan oleh banyak Market Place. Biasanya marketplace akan menampilkan produk-produk flash sale tepat di halaman utama. Jadi, sering-seringlah mampir ke situs toko online. Siapa tahu produk incaran kita juga ada dalam deretan produk yang sedang  flash sale.

Awas Jebol Dompet! Berikut Ini 5 Tips Belanja Online. 19
Tips hemat belanja online, agar hidup lebih nyaman. Bosscha.id

Membuat Rekening Khusus Belanja Online

Memisahkan rekening pribadi dengan rekening belanja adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk mengontrol pengeluaran belanja online kita. Sisihkan sebagian dari pendapatan kita, sebagai anggaran belanja online rutin, melalui rekening khusus ini. Oleh karena jumlah pengeluaran sudah ditentukan dari awal, kita tidak perlu khawatir overbudget saat belanja online.

Susun Daftar Belanja

Tips belanja online yang sering luput dari perhatian banyak orang adalah membuat daftar belanja. Belanja online sebenarnya sama saja dengan belanja konvensional. Kita tetap harus membeli barang yang benar-benar dibutuhkan bukan yang hanya diinginkan. Menyusun daftar belanja tentu dapat mengontrol pengeluaran. Seperti kita ketahui, ketika memasuki lapak online, kita akan disuguhkan aneka produk yang menarik. Jika tidak diantisipasi dengan pembuatan daftar belanja, hal ini akan membuat kita kehilangan kontrol, sehingga terjadi overbudget saat berbelanja online.

Itulah beberapa tips belanja online yang mungkin bisa Anda coba, agar keuangan tetap aman. Tips-tips belanja online di atas bisa membuat kita lebih cermat dalam memutuskan belanja apa dan di toko online mana kita akan berbelanja.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password