Inilah 5 Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah

Inilah 5 Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah 18
Inilah 5 Manfaat Tomat Bagi Kecantikan Kulit, Sumber Foto Shutterstock

Bosscha.id-Begitu banyak cara yang dilakukan wanita untuk menjaga kulit wajahnya agar tetap cantik dan tentunya sehat. Mulai dari perawatan sendiri dengan produk-produk kecantikan dari toko, rutin ke dokter khusus untuk perawatan muka, bahkan menggunakan bahan yang ada dirumah sehari-hari seperti tomat demi menjaga kecantikan dan kesehatan wajah.

Selain sebagai bahan untuk memasak, tomat juga bisa dipakai sebagai bahan untuk perawatan wajah. Tomat ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh, selain itu tomat juga berfungsi sebagai pelindung dari radiasi matahari. Tomat mengandung Lycopene, yang merupakan senyawa antioksidan yang bertindak sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas.

Tomat mengandung nutrisi berupa vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, Kalsium, Kalium dan Magnesium. Banyak sekali manfaat yang didapat dari nutrisi yang terkandung dalam tomat bagi kulit wajah.

Pada kesempatan ini bosscha.id akan berbagi 5 manfaat tomat bagi kulit wajah, dan cara penggunaannya.

Mencerahkan kulit

Jika ingin kulit wajah terlihat lebih cerah dan putih secara alami, maka sebaiknya gunakan masker dari tomat. Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat dapat mencerahkan kulit wajah. Cara membuat masker dari tomat untuk mencerahkan wajah secara alami ini sangat mudah, yaitu potong tomat menjadi beberapa bulatan yang agak tebal, kemudian gosokkan secara perlahan dan merata pada area wajah.

Lalu diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas wajah dengan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan perawatan dari masker tomat ini secara rutin, minimal seminggu 2 kali.

Mencegah tanda-tanda penuaan

Kandungan senyawa lycopene yang ada pada tomat, dapat membantu menangkal radikal bebas yang dibawa oleh sinar ultra violet, yang nantinya dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis pada wajah. Selain itu, ekstraksi minyak dari biji tomat dapat membantu untuk merawat dan meremajakan kondisi kulit dan wajah, sehingga akan membuat kulit selalu sehat dan tanda-tanda penuaan pun dapat teratasi.

Cara membuat masker tomat untuk meremajakan kulit ini sangat mudah, yaitu padukan ekstraksi minyak dari biji tomat tersebut dengan pelembab yang biasa kamu gunakan di malam hari. Kemudian basuh pada wajah secara merata, yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

Menghilangkan kantung mata

Lingkaran hitam dibawah mata atau kantung mata biasa terjadi karena faktor genetik, atau bisa timbul karena kebiasaan begadang di malam hari. Nah, tentunya kita tidak ingin bukan penampilan menjadi terganggu dengan kantung mata yang menghiasi wajah? Maka sebaiknya gunakan masker dari tomat untuk mengatasi kantung mata tersebut.

Baca Juga:   Sejarah 21 Agustus : Lahirnya Institusi Polri
Inilah 5 Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah 19
Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Kulit, Bosscha.id

Kandungan vitamin A, B dan vitamin C yang tinggi pada tomat dapat membantu meregenerasi kulit yang kusam. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam tomat juga membantu menghilangkan warna gelap pada kulit, sehingga Kantung mata pun akan hilang dengan perlahan.

Cara membuat masker dari tomat untuk menghilangkan kantung mata ini, cukup mudah, yaitu campurkan 1 sendok makan sari tomat dan beberapa tetes dari gel lidah buaya. Oleskan kedua campuran ini di bawah mata secara hati-hati agar tidak masuk ke dalam mata. Setelah itu, diamkan selama 10 menit, dan bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan perawatan ini setiap hari, sebanyak satu atau dua kali dalam sehari.

Bantu atasi kulit berminyak

Kulit wajah yang berminyak tentu akan sangat mengganggu bukan?, karena wajah akan tampak kusam serta juga akan mudah tumbuh jerawat. Untuk mengatasi minyak yang berlebih pada wajah, kita dapat menggunakan masker dari tomat. Kandungan vitamin C dan mineral yang tinggi pada tomat, mampu mengontrol pengeluaran minyak yang berlebihan di kulit wajah.

Cara membuat masker dari tomat untuk mengatasi kulit berminyak sangat mudah, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun cuci muka, setelah itu basuh wajah kamu dengan campuran antara sari tomat dan parutan timun yang segar. Setelah selesai, bilas dengan air hangat.

Membantu kecilkan pori-pori wajah

Pori-pori kulit wajah yang membesar pun dapat teratasi dengan tomat yang diaplikasikan sebagai masker wajah. Dengan menggunakan masker tomat ini, nantinya pori-pori di wajah akan kembali mengecil seperti semula.

Cara membuat masker dari tomat untuk mengecilkan pori-pori di kulit wajah ini sangat mudah, tidak jauh beda dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas, yaitu siapkan satu buah tomat yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, potong menjadi dua bagian, lalu pijatkan pada kulit wajah, yang sudah bersihkan dengan sabun cuci muka. Diamkan selama beberapa menit agar kandungan yang ada pada tomat dapat meresap kedalam kulit wajah, setelah itu bilas wajah dengan air hangat.

Nah, itulah tadi 5 manfaat dan cara penggunaannya masker tomat untuk wajah, yang cukup mudah  untuk dipraktekan di rumah.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password