Sejarah 8 Agustus : Awal Mula Berdirinya Organisasi Geo-Politik ASEAN

Perwakilan Menteri Luar Negeri 5 Negara Pelopor ASEAN. (Dok. Istimewa)

Bosscha.id-Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara) atau dalam lebih dikenal Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967.

ASEAN dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Yang kemudian melahirkan Deklarasi Bangkok. Yang isinya adalah sebagai berikut:

  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara
  • Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
  • Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi
  • Memelihara kerja sama yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada
  • Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara

Ada lima Negara yang mempelopori dibentuknya ASEAN, diantaranya yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. Kelima negara tersebut diwakili oleh delegasi menteri luar negeri, dari masing-masing negara tersebut. yang pada akhirnya menjadi tokoh ASEAN.

Lima Negara Pelopor ASEAN, Bosscha.id

Berikut ini adalah nama-nama mentri luar negeri dari kelima negara yang diutus menjadi delegasi, Adam Malik perwakilan (Indonesia), Rajaratnam (Singapura), Tun Abdul Razak (Malaysia), Narcisco Ramos (Thailand), dan Thanat Koman (Filipina).

Baca Juga:   KBB Fokus Kendalikan Penyebaran Covid-19

Latar belakang dibentuknya ASEAN ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor geografis dan faktor kesamaan karakteristik sampai tujuannya tercapai. Sampai dengan saat ini total ada 10 negara anggota ASEAN yang tergabung, diantaranya Brunei Darussalam yang bergabung pada tahun 1984, dilanjut Vietnam pada tahun 1995 , kemudian Laos dan Myanmar pada tahun 1997, dan terakhir Kamboja pada tahun 1999.

Mengingat kepentingan geografis, ekonomis dan politik yang strategis, sejak beberapa tahun terakhir ini, ASEAN telah mencoba menjajaki perluasan anggota kepada negara-negara tetangga di sekitar ASEAN. Berikut ini adalah daftar negara-negara perluasan keanggotaan ASEAN: Bangladesh, Palau, Papua Nugini, Republik Tiongkok (Taiwan), dan Timor Leste.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password