Mbah Moen Tutup Usia, Mengenang Kiprahnya di Dunia Politik

Mbah Moen Tutup Usia, Mengenang Kiprahnya di Dunia Politik 18
KH. Maimun Zubair dan kiprahnya di kancah politik (Dok. Istimewa)

Bosscha.id-KH. Maimun Zubair atau akrab disapa Mbah Moen wafat pada tanggal 6 Agustus 2019, di tanah suci Mekah. Selain dikenal sebagai Kiai kharismatik, Mbah Moen juga cukup dikenal kiprahnya di dunia politik.

Mbah Moen merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang. Beliau juga menjabat sebagai Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Mbah Moen yang mumpuni di segi keilmuan dan kesepuhan sebagai seorang ulama.

Tak hanya dikenal sebagai sosok Ulama yang kharismatik. Beliau juga adalah politikus kawakan. Sejak muda, beliau telah bergabung dengan PPP. Pada 1970-an, Mbah Moen pernah menjadi anggota DPRD Rembang selama 7 tahun.

Mbah Moen Tutup Usia, Mengenang Kiprahnya di Dunia Politik 19
Kiprah Mbah Moen di kancah politik Indonesia/ Bosscha.id

Begitu selesai bertugas di DPRD Rembang, Mbah Moen yang ingin fokus mengurus pondoknya justru kembali ditunjuk untuk mengemban tugas di dunia politik, dengan bertugas menjadi anggota MPR RI utusan Jawa Tengah selama tiga periode dari tahun 1987 – 1999.

Di jagat politik, Mbah Moen tergolong pribadi yang low profile. Saat beberapa kader NU ramai mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa pada 1998, ia tenang saja dan tetap setia di PPP. Pengaruh besar di kalangan masyarakat muslim membuat Mbah Moen diangkat menjadi Ketua Dewan Syuro PPP. Selanjutnya, ia bersama Romahurmuziy, Lukman Hakim Saifuddin, dan Zarkasih Nur tercatat duduk di Majelis Tinggi (A’la) PPP periode 2016-2021.

Baca Juga:   Muhaimin Terpilih Aklamasi Pimpin PKB 2019-2024

Saking berpengaruhnya beliau di dunia politik, pada setiap perhelatan Pilpres, Mbah Moen dikenal sebagai sosok sentral. Pada pilpres tahun 2019 ini misalnya, petuahnya dan restunya sangat dinanti oleh Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Dukungan dari Mbah Moen begitu diperebutkan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password