Ini Dia 5 Manfaat Membacakan Dongeng Bagi Anak

Inilah 5 Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Anak, (Dok. Istimewa)

Bosscha.id-Di era sekarang ini, sudah jarang sepertinya kita lihat kegiatan orang tua yang membacakan dongeng kepada anaknya. Padahal, banyak sekali manfaat yang bisa didapat oleh anak saat mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh orang tuanya.

Membacakan dongeng yang tepat pada anak, itu dapat memberikan manfaat pada perkembangan psikologis dan kecerdasan emosional anak. Lalu, manfaat apa saja yang didapat oleh anak jika sering mendengarkan dongeng? Mari simak 5 manfaatnya berikut.

Membangkitkan Minat Baca

Orang tua itu adalah teladan bagi anak, oleh karena itu anak cenderung meniru kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang tua. Kebiasaan membaca dongeng yang dicontohkan oleh orang tua dapat menular pada anak.

Menumbuhkan minat baca pada anak sedini mungkin, akan berpengaruh terhadap cara berpikir mereka. Anak akan belajar bagaimana berpikir seluas-luasnya dalam mencari solusi untuk suatu masalah. Terlebih, jika kita sebagai orang tua melibatkan anak untuk memberikan solusi atas masalah yang ada dalam dongeng tersebut. Dengan begitu, daya berpikir kreatif anak dapat berkembang.

Memperat Ikatan Batin Anak dan Orang Tua

Kesibukan orang tua kerap kali membuat komunikasinya dengan sang anak kurang intensif. Terkadang saking sibuknya kita sebagai orang tua, tak jarang kita banyak melewatkan momen-momen penting si anak. Dengan meluangkan waktu mendongeng kepada anak, secara tidak langsung orang tua telah memperkuat ikatan batinnya dengan anak, selain itu komunikasi efektif pun tentunya akan berjalan dengan baik.

Meningkatkan Keterampilan Berbahasa

Dongeng merupakan stimulasi dini yang mampu merangsang keterampilan berbahasa pada anak-anak. Kisah-kisah dongeng yang mengandung cerita positif tentang perilaku membuat anak-anak menjadi lebih mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan.

Mari Membaca Dongeng Untuk Anak, Bosscha.id

Dari segi perkembangan bahasa, anak yang sering mendengarkan orang tuanya mendongeng, maka perkembangan linguistiknya akan lebih meningkat dibandingkan anak yang tidak pernah didongengkan.

Baca Juga:   Sejarah 23 Oktober: Pele, Sang Raja Sepakbola Brasil yang Berhasil Mencuri Perhatian Dunia

Mengasah Daya Imajinasi Anak

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar. Mereka tidak hanya akan mendengarkan dongeng yang dibacakan, namun juga berpikir mengenai alur ceritanya. Gabungan antara gambar dan tulisan cerita dalam sebuah buku dongeng, itu akan sangat membantu mengembangkan daya imajinasi anak. Pada akhirnya, dongeng menstimulasi berbagai macam perasaan, keingintahuan, dan pencarian makna cerita tanpa batas.

Membentuk Karakter Anak

Mengutip pernyataan psikolog anak, Sally Goddard Blythe, menurutnya dongeng berperan dalam memberikan gambaran tentang rasa takut dan mimpi anak dalam kehidupan nyata lewat fantasi. Nilai-nilai yang berkenaan tentang baik atau buruk, diwakilkan oleh karakter tokoh dalam dongeng tersebut.

Di lain sisi, cerita dongeng juga menunjukkan tentang konsekuensi dari setiap pilihan yang diambil. Mendiskusikan nilai-nilai seperti itu kepada anak, akan lebih mudah dijelaskan melalui dongeng.

Sebuah dongeng yang ideal menceritakan tentang nilai-nilai kejujuran, pertemanan, kerendahan hati, dan lain-lain. Anak akan memilih nilai-nilai mana yang sesuai dengan dirinya dan orang lain di sekitar. Ia juga akan belajar mengenai konsekuensi dalam setiap perbuatan yang dilakukan.

Itu tadi 5 manfaat jika kita membacakan dongeng kepada anak, semoga hubungan kita dengan anak akan tambah dekat dengan seringnya berinteraksi lewat dongeng. Jangan lupa, pilih dongeng yang tepat dan cocok untuk buah hati kita.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password