Sejarah 5 Agustus : Presiden Soekarno Resmikan Hotel Indonesia

Selebrasi Gunting Pita, Peresmian Hotel Indonesia 5 Agustus 1962. (Dok. Istimewa)

Bosscha.id-Hotel Indonesia adalah hotel berbintang pertama yang dibangun di Jakarta, Indonesia. Hotel ini diresmikan pada tanggal 5 Agustus 1962 oleh Presiden Republik Indonesia pertama yaitu Ir. Soekarno. Tujuan dibangunnya Hotel Indonesia ini adalah untuk menyambut Asian Games IV pada tahun yang sama, 1962.

Hotel yang menempati lahan seluas 25.082 meter persegi ini mempunyai slogan ‘A Dramatic Symbol of Free Nations Working Together’.

Bung Karno meresmikan Hotel Indonesia/Bosscha.id

Bangunan Hotel Indonesia dirancang oleh arsitek Abel Sorensen dan istrinya, Wendy, asal Amerika Serikat. Berawal dari kunjungan Soekarno ke Amerika, Di New York ia melakukan kunjungan ke gedung PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dan dia begitu kagum terhadap struktur bangunan gedung PBB tersebut. Lalu Soekarno mulai mencari arsiteknya, yaitu Abel Sorensen. Menurut keyakinannya, ia percaya kalau arsitektur itu bisa mengilhami kebangkitan jiwa, dan Hotel Indonesia adalah bagian dari apa yang dia percaya dapat membangkitkan jiwa.

Bahkan pada salah satu pidatonya, Soekarno menyebut kalau Hotel Indonesia adalah wajah muka Indonesia, dan judul pidato Soekarno saat peresmian Hotel Indonesia pada 5 Agustus 1962 adalah `Tunjukkanlah Kepribadian Indonesia`, Jadi, Hotel Indonesia menurut Soekarno konsepnya adalah bagian dari politik nasional pada masa itu yang disebut Trisakti, salah satu trisakti itu adalah berkepribadian dalam berbudaya.

Baca Juga:   Survei: Elektabilitas Ridwan Kamil Geser Anies

Pada masanya, Hotel Indonesia merupakan hotel termegah di Asia Tenggara dan juga menjadi pusat berbagai macam kegiatan budaya. Mulai dari acara musikal dan pertunjukan teater, secara rutin dipentaskan di hotel ini.

Acara kebudayaan yang rutin digelar telah melambungkan beberapa seniman ternama Indonesia. Di antaranya, Teguh Karya yang dulu merupakan manajer panggung Hotel Indonesia, Slamet Rahardjo dan Rima Melati. Catatan lain yang menarik adalah bahwa Hotel Indonesia, menjadi barometer untuk gaya hidup perkotaan. Orang kaya yang sukses dan pejabat pemerintah, sering mengatur pertemuan di hotel ini pula.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password