Benarkah Padam Listrik Massal Gara-gara Pohon?

Benarkah Padam Listrik Massal Gara-gara Pohon? 18
Foto: Dokumentasi PLN

Bosscha.id– Transmisi 500 kV milik PLN mengalami gangguan, yang menyebabkan padamnya aliran listrik di wilayah Jabodetabek, di sebagian wilayah Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Apakah benar gangguan transmisi ini disebabkan pohon?

Dikutip CNBC Indonesia, Senin (5/8/2019), Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN (Persero) Djoko R Abumanan menuturkan, sampai saat ini masih dilakukan investigasi. 

“Ungaran-Pemalang kan panjang ya, ada berapa km itu, terus lewatin hutan juga, jadi kami belum tahu penyebab (gangguannya),” ujar Djoko saat dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Ia pun menyebutkan, penyebab gangguannya juga belum tentu karena pohon.

“Kalau pohon itu mah dulu, di Grati, kalau yang sekarang masih belum tahu penyebabnya,” ungkap Djoko.

Adapun, ditemui di kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, pihaknya telah mengirim inpektur ketenagalistrikan ke lokasi gangguan transmisi hari ini untuk mengecek dan mencari tahu apa yang terjadi.

“Bukan untuk menyalahkan siapa, tapi untuk mencegah agar tidak terulang,” tutur Rida. 

menengarai, setiap aksi atau program apapun, selalu ada mitigasi jangan sampai dampak meluas, atau pasti ada contingency plan.

Baca Juga:   Presiden Jokowi: Indonesia Bisa Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia

“Misalnya, pembangkit sedang dalam pemeliharaan, pasti harus ada plan B-nya dong? Tapi, sepertinya plan B ini tidak bekerja, karena kalau ada sistem gangguan, harusnya bisa dilokalisir,” katanya.

“Pertanyaan kami, kenapa ini tidak bekerja, ini informasi yang kami kaji dan jadi bahan diskusi, apakah betul atas nama efisiensi atau apa. Maksud kami, efisiensi itu boleh, tapi jangan sampai mengorbankan layanan. Ini ke depannya kami sebagai pembina dan pengawas wajib monitoring dan evaluasi agar kemudian tidak terulang lagi,” pungkas Rida.

Source: CNBC Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password