Sejarah 4 Agustus : Meninggalnya Mbah Surip Pelantun “Tak Gendong”

4 Agustus 2009, Mbah Surip Tutup Usia, Sumber Foto: KapanLagi

Bosscha.id-Di medio tahun 2003, lewat lagunya yang berjudul ‘Tak Gendong’, ia berhasil mencuri perhatian publik di jagat hiburan tanah air. Urip Achmad Riyanto, atau lebih akrab dipanggil Mbah Surip adalah seorang penyanyi dengan karteristik yang unik.

Sebelum terjun menjadi penyanyi, Mbah Surip mengaku pernah menggeluti berbagai macam profesi. Menurut pengakuannya, ia pernah bekerja di bidang pengeboran minyak serta tambang berlian Bahkan sempat mengadu mengembara ke negeri orang, seperti Kanada, Texas, Yordania, dan California. Menurut Mbah Surip, lagu Tak Gendong itu diciptakan saat ia berada di Amerika Serikat.

Meski terkesan urakan dan slengean, Mbah Surip berhasil menyelesaikan pendidikannya hingga perguruan tinggi. Pada tahun 1979 ia menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Teknik Mesin Universitas Sunan Giri Cabang Mojokerto (sekarang lokasi SMK Raden Patah).

Mbah Surip, Pelantun “Tak Gendong” Melejit Semenjak Dirilis, Bosscha.id

Setelah lulus kuliah, Mbah Surip menikah dengan Minuk Sulistyowati dan dikaruniai empat orang anak, yaitu Tasmi Tita, Farid Wahyu (yang kemudian menjadi manajer Mbah Surip di Jakarta), Rezia Tri Krisnawati, dan Ivo Aida Catur Arianto. Lalu kemudian Mbah Surip bercerai dengan istrinta di medio tahun 1988. Berbeda dengan istrinya yang menikah lagi, Mbah Surip memilih hidup sendiri hingga akhir hayatnya.

Baca Juga:   Survei: Elektabilitas Ridwan Kamil Geser Anies

Di puncak popularitasnya di industri hiburan tanah air,  Mbah Surip meninggal dunia.  Hari ini, 10 tahun lau, Mbah Surip meninggal. Tepatnya pada hari Selasa tanggal 4 Agustus 2009 pukul 10.30 WIB. Ia meninggal dunia akibat gagal jantung dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Pusdikkes TNI AD, Kramat Jati, Jakarta Timur. Menurut bagian rekam medis RS Pusdikkes, jenazah Mbah Surip sempat berada selama satu jam di RS Pusdikkes. 

Jenazah Mbah Surip kemudian dimakamkan pada hari yang sama, Selasa malam tanggal 4 Agustus 2009, di pemakaman keluarga W.S Rendra, di Depok, Jawa Barat yang lokasinya berdekatan dengan lokasi Bengkel Teater Rendra di Kampung Rawa RT 002/05 Cipayung Jaya, Cipayung, Depok, Jawa Barat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password