Sejarah 3 Agustus : Lahirnya James Hetfield, Vokalis Metallica

3 Agustus 1963, Hari Kelahiran James Hetfield Sang Vokalis Metallica, sumber foto : metalheadzone

Bosscha.id-Penulis lagu dan vokalis dari band Metalica, James Hetfield. Tepat hari ini berulang tahun yang ke 56 tahun, dan dibalik kegarangannya dipanggung tidak ada yang menyangka bahwa James bergelar PhD dibidang Astrofisika.

James Alan Hetfield, lahir di Dowey, California, 3 AGustus 1963. Dia adalah gitaris, penulis lagu, dan vokalis dari band Metalica. James Hetfiled memiliki darah keturunan Jerman, Inggris, Irlandia, dan Spanyol. Ia memiliki 2 kakak laki-laki dari pernikahan pertama ibunya dan satu adik perempuan.

Ayah Hetfield, Virgil, adalah seorang supir truk yang meninggalkan keluarganya ketika Hetfield masih kecil. Ibunya, Cynthia, adalah penyanyi opera. Kedua orangtuanya bercerai pada tahun 1976. Pada usia 16 tahun, Ibunya meninggal karena penyakit kanker.

James Hetfield Berhasil Meraih Gelar PhD di Bidang Astrofisika, Bosscha.id

Satu-satunya keluarga yang menemani masa remaja Hetfield hingga dewasa adalah kakak laki-lakinya, David. Ia adalah orang yang menampung kehidupan James Hetfield. David jugalah yang mengenalkan James Hetfield dengan gitar ketika ia berumur 14 tahun.

Pada 8 Agustus 1992, Metallica sedang menggelar show di Montreal, Kanada. Tak sengaja, James Hetfield salah menapak. Dia terjatuh dari semacam menara api buatan setinggi 12 kaki.
Akibatnya ia menderita sejumlah luka bakar tingkat tiga di tubuh bagian kiri, termasuk tangan, lengan, alis, wajah dan rambut. 17 hari pasca kejadian itu, James sudah kembali berdiri di atas panggung, meski tanpa gitarnya.

Selain pada musik ia juga mempunya hobi lain seperti, berburu, bermain skateboard, jet-ski, naik motor, dan menyaksikan pertandingan sepak bola. Ia juga termasuk kolektor gitar-gitar unik. Yang paling mengejutkan adalah Ia mempunyai gelar PhD atau doktor untuk bidang astrofisika di California Institute of Technology (CalTech), Pasadena, AS.

Walaupun secara “putus-sambung” menjalani kuliahnya. Sering pula ia menjalani kuliah melalui korespondensi. Menurut daftar disertasi CalTech, Hetfield mengembangkan karya Dr Misty Benz.

Pada 2007, Benz mengerjakan disertasi tentang lubang hitam dengan judul “Black Hole Scaling Relationships: New Results from Reverberation Mapping and Hubble Space Telescope Imaging“.

Disertasi Hetfield berfokus pada pengembangan refactoring cahaya dan efek-efek dari gravitasi pada teleskop Hubble. Karyanya itu membantu dengan terobosan penting dalam pemahaman kita bukan hanya tentang black hole, melainkan juga tentang sumber gelombang jarak jauh. Ahli astrofisika CalTech bernama Tral Aldrich, yang juga kawan studi Hetfield, mengatakan bahwa ia tidak memuji hasil penemuan Hetfield.

Namun, ia gembira akan penemuan itu. Aldrich juga mengaku senang bahwa di luar dugaan ia bisa bekerja sama dengan vokalis sekaligus gitaris ikonis dari Metallica itu.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password