Sejarah 2 Agustus : Hitler Resmi Jadi Diktator Jerman

Tanggal 2 Agustus Hitler Resmi Jadi Diktator, Sumber Foto : bbci.co.uk

Bosscha.id-Siapa yang tak kenal dengan sosok “menyeramkan” Adolf Hitler, seorang politis Jerman dan ketua partai (Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP). Tepat hari ini tanggal 2 agustus 1934, Adolf Hitler resmi menjadi kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Jerman.

Hari ini 85 tahun yang lalu, atau lebih tepatnya tanggal 2 agustus 1934, Adolf Hitler resmi menjadi kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Jerman. Pasca wafatnya Presiden Paul von Hindenburg, kabinet Jerman kemudian mengesahkan “Undang-undang Jabatan Negara Tertinggi Reich”.

Melalui peraturan baru ini maka jabatan presiden dan kanselir akan dipegang oleh satu orang, tidak terpisah seperti sebelumnya. Adolf Hitler yang ketika itu menjadi kanselir akhirnya mendapatkan mandat sebagai kepala negara, lalu kemudian mendapat gelar Führer und Reichskanzler.

Sejak saat itulah, Hitler menjadi diktator dan melakukan ambisi politiknya yang kemudian memicu perang Dunia II. Kebijakan Hitler yang supremasis dan termotivasi oleh ras mengakibatkan kematian sekitar 50 juta orang selama Perang Dunia II, termasuk 6 juta kaum Yahudi dan 5 juta etnis “non-Arya” yang pemusnahan sistematisnya diperintahkan oleh Hitler dan rekan-rekan terdekatnya.

Baca Juga:   Polling CNN: Joe Biden Menang dari Trump di Debat Perdana
Terpilih Menjadi Kepala Negara Jerman, Hitler Menjadi Diktator, Bosscha.id

Jauh sebelum resmi jadi pemimpin Jerman, tahun 1923 Hitler pernah melancarkan kudeta di München, yang dikenal dengan peristiwa Beer Hall Putsch. Namun kudeta itu gagal, dan berujung dipenjaranya Hitler. Di dalam penjara Ia menulis memoarnya yang berjudul Mein Kampf, yang berarti ‘Perjuangan Ku’.

Setelah bebas pada tahun 1924, Hitler mendapat dukungan rakyat lewat pidatonya yang karismatik. Setelah terpiliih sebagai kanselir Jerman, Hitler menerapkan sistem kediktatoran satu partai yang totalitarian dan otokratik.

Semua sepak terjang Sang Diktator berakhir di tahun 1945, karena Ia meninggal pada tahun itu. Tepatnya 30 April.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password