Tahun Ini Paskibra Putri Bakal Kenakan Celana Panjang, Berikut Aturannya

Paskibraka Putri Kini Menggunakan Celana, Bosscha.id

Bosscha.id-Yang selalu menjadi sorotan dari upacara bendera kenegaraan adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), bisa dipastikan format penyelenggaraan upacara sama namun yang membedakan di tahun ini Paskibraka putri diharuskan mengenakan celana panjang.

Aturan Penggunaan celana panjang bagi perempuan ini termaktub dalam Peraturan Presiden Nomor 71/2018 tentang Tata Pakaian pada Upacara Kenegaraan dan Acara Resmi.

Pasal 4 Perpres ini mengatur penggunaan rok atau celana panjang bagi perempuan. Perpres ini diundangkan pada tanggal 23 Agustus 2018. Jadi pada tahun 2019 ini, dilakukan penyesuaian dengan Perpres baru tersebut.

“Kebijakan baru ini adalah bagian mekanisme penyeragaman. Selama ini, anggota putri Paskibraka pakai rok, lalu ditarik dengan kaos kaki. Tapi tahun ini kita gunakan celana panjang,” ungkap Deputi Pengembangan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asrorun Ni’am Sholeh, seperti dilansir Antara, Sabtu (27/7/2019).

Menurutnya, penggunaan rok dianggap menyulitkan anggota saat baris-berbaris. Dengan kebijakan baru mengenakan celana panjang, anggota putri Paskibraka bisa bergerak lebih mudah.
Jenis pakaian itu juga dinilai selaras dengan anggota putri yang selama ini berhijab.

Baca Juga:   Libur Panjang, Bupati Aa Umbara Wanti-wanti Pengelola Objek Wisata Bahaya Covid-19

“Kebijakan ini semata untuk tertib pelaksanaan dan penyesuaian terhadap aturan, yang didahului oleh kajian dan serap aspirasi. Jadi tidak ujug-ujug. Apalagi dikaitkan dengan isu macam-macam. Kita bekerja siang malam membersamai peserta untuk tugas nagara”, pungkas Ni’am.

Untuk tahun ini, Kemenpora sendiri telah menjaring total 68 orang tim Paskibraka Nasional formasi 2019 dari total 34 provinsi di Indonesia. Dan sampai saat ini mereka sedang menjalani pelatihan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Cibubur sebagai persiapan untuk menghadapi prosesi pengibaran Bendera Pusaka saat peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 di Istana Negara 17 Agustus mendatang.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password