Catat! Inilah Cara Memilih Pakaian Saat Musim Panas

Tips Memilih Pakaian Saat Musim Panas, Sumber Foto : Zeenews.com

Bosscha.id-Bagaimana agar tetap nyaman tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia yang hanya memiliki dua musim dalam setahun? Kita harus pandai dan tepat dalam hal memilih pakaian untuk dikenakan.

Lalu apakah penting memilih pakaian yang tepat, sesuai dengan kondisi musim? Tentu sangat penting, karena jika kita salah memilih pakaian itu akan berpengaruh kepada mood. Coba pikirkan, jika ketika musim panas kita mengunakan pakaian serba ketat dan berbahan yang tidak bisa menyerap keringat. Kita akan merasa sangat gerah dan badan akan lengket oleh keringat. Dengan  kondisi badan yang seperti itu, sudah pasti akan sangat mempengaruhi mood dan rasa nyaman kita.

Lalu pakaian seperti apakah yang yang tepat digunakan ketika musim panas seperti saat ini? Berikut ini bosscha.id akan berbagi tips cara memilih pakaian yang tepat saat musim panas.

– Gunakan Pakaian Berbahan Katun dan Linen

Pada musim panas biasanya cuaca sangat menyengat, karena itu dianjurkan menggunakan bahan pakaian yang tidak panas, bisa menyerap keringat, tipis, dan tidak berat atau tak terlalu tebal.

Katun merupakan bahan yang sesuai untuk dikenakan sebagai pakaian yang tepat di musim panas. Selain katun, bahan linen juga bisa sebagai pilihan di musim panas. Namun kedua jenis bahan di atas butuh perhatian khusus selesai digunakan. Katun misalnya mudah kusut. Begitu juga dengan bahan linen yang mudah mengerut.

– Pilih Warna Pakaian Yang Gelap

Pada dasarnya warna semua pakaian bisa dikenakan pada musim apa pun, namun untuk musim panas memilih warna pakaian yang tepat sangat dianjurkan agar suhu tubuh tetap normal ketika cuaca panas.

Warna pakaian yang tepat dikenakan pada musim panas adalah pakaian dengan warna gelap. Seperti dilansir Medical Daily, baju berwarna gelap akan menjaga suhu tubuh anda tetap dingin dalam menghadapi cuaca panas. Alasannya, warna pakaian yang gelap bisa menyerap lebih banyak cahaya dan memungkinkan mengambil lebih banyak panas dari matahari serta panas dari tubuh.

Pakaian berwarna terang, apalagi putih, memantulkan sinar matahari kembali ke lingkungan sehingga tidak membuat Anda lebih dingin. Pakaian terang memantulkan panas tubuh kembali ke kulit. Mekanisme itu mengikuti prinsip benda berwarna lebih terang menyerap lebih sedikit foton.

Baca Juga:   Bantuan Subsidi Upah Guru Madrasah Sudah Cair

Baju berwarna gelap, misalnya kemeja hitam bisa menjadi pilihan terbaik anda untuk cuaca panas karena juga melindungi tubuh terhadap ultra-violet. Semakin gelap warna pakaian, semakin banyak perlindungan yang diberikan. Dan itu akan berbanding terbalik jika kita mengenakan pakaian dengan warna terang.

Memilih Pakaian Yang Tepat Untuk Musim Panas, Bosscha.id

– Gunakan Pakaian Longgar

Hindari penggunaan pakaian yang tak terlalu ketat. Karena dengan mengenakan pakaian longgar, kita akan merasa lebih nyaman dan tidak cepat gerah. Pakaian yang longgar dapat memberikan ruang yang lebih bagi kulit, sehingga memudahkan keluar masuknya udara. Hal ini akan membuat kita bebas bergerak dan kondisi tubuh tetap nyaman.

-Gunakan Pelindung /Aksesoris Tambahan            

Selain pakaian, saat musim panas tiba penggunaaan pelindung/aksesoris tambahan juga dianjurkan. Fungsinya adalah untuk menjaga tubuh dan kulit tetap terlindungi dari sengatan matahari secara langsung.

Saat keluar rumah kenakan payung, kacamata, jaket atau topi. Bukan hanya sekedar pemanis, aksesoris tersebut juga akan melindungi tubuh dari sengatan matahari. Tapi perlu diperhatikan pula pemilihan warna-warna aksesoris tersebut, harus matching dengan pakaian yang kita gunakan, agar tetap enak dilihat.

Dan untuk menghindari rasa tidak nyaman saat musim panas. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang kurang cocok dikenakan saat musim panas. Di antaranya adalah bahan nilon, rayon, silk, dan wol.

Bahan-bahan tersebut bisa membuat pemakaianya mudah berkeringat dan menyebabkan lembab. Pastinya tubuh tak akan nyaman kalau berkeringat dan lembab terus-menerus.

Itulah beberapa tips mengenakan pakaian yang tepat di musim panas. Semoga tips di atas bisa menjadi referensi anda dalam memilih pakaian yang tepat ketika musim panas. Selamat mencoba!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password