Sejarah 30 Juli : Hari Persahabatan Internasional

Sejarah 30 Juli : Hari Persahabatan Internasional 18
Hari Persahabatan Internasional, Sumber Foto : OliskaOrg

Bosscha.id-Banyak perayaan yang kita tidak ketahui dan kurang populer untuk dirayakan, salah satunya Hari Persahabatan International yang jatuh setiap tanggal 30 Juli.

Perayaan Hari Persahabatan terjadi pada tanggal yang berbeda di negara yang berbeda. Hari Persahabatan Dunia pertama kali diusulkan untuk 30 Juli pada tahun 1958, oleh Dunia Persahabatan perang Salib.Pada tanggal 27 April 2011 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan30 Juli resmi diperingati sebagai Hari Persahabatan Internasional. Namun, beberapa negara, termasuk India,merayakan Hari Persahabatan pada minggu pertama Agustus. Di Oberlin, Ohio, Hari Persahabatan dirayakan pada tanggal 8 April setiap tahun.

Berawal Dari Strategi Bisnis

Tahun 1930 Hari Persahabatan Sedunia ini dipromosikan oleh Joyce Hall, pendiri Hallmark Cards (perusahaan produksi kartu), sebagai salah satu strategi penjualan kartu. Hall menginginkan adanya hari tambahan untuk menciptakan momen liburan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat AS untuk  saling menyapa teman atau sahabat dengan cara mengirimkan kartu-kartu ucapan.

Sejarah 30 Juli : Hari Persahabatan Internasional 19
Sejarah 30 Juli, Hari Persahabatan Internasional, Bosscha.id

Berawal dari ide strategi bisnis tersebut yang akhirnya disukai banyak orang, sehingga akhirnya menjadi petimbangan bagi PBB untuk menetatapkan 30 juli sebagai hari persahabatan internasional. Dengan sedikit mengubah visi dan latar belakang ditetapkannya Hari Persahabatan Dunia, PBB ingin peringatan tersebut mewujudkan Culture of peace yang mampu menyampaikan  nilai-nilai, sikap beserta perilaku yang menolak kekerasan dan juga konflik. 

Baca Juga:   Inilah 6 Tips Memperbanyak Produksi ASI Secara Alami

Aksi Budaya Perdamaian

Aksi Budaya Perdamaian (Culture of Peace) dimaksudkan juga untuk dipromosikan di kalangan anak-anak melalui pendidikan. Jika dikaitkan dengan Hari Persahabatan Sedunia, maka anak-anak akan mengerti pentingnya menjaga hubungan baik (persahabatan) antar sesama, dan mereka juga akan belajar untuk hidup damai bersama yang diharapkan mampu memberikan kontribusi pada penguatan perdamaian internasional.

Hal ini seterusnya menjadi penting dan patut untuk diperingati setiap tahunnya, bukan hanya sekedar untuk saling menghargai, menyayangi dan menghormati teman ataupun sahabat, Hari Persahabatan Sedunia yang telah diresmikan PBB ini diperingati setiap tahunnya agar persahabatan antara masyarakat dengan budaya yang berbeda, serta negara yang berbeda dapat berlangsung harmonis dan menginspirasi upaya perdamaian dan mewujudkan hubungan yang baik.  

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password