Kekeringan Landa Bandung Barat

Bosscha.id– Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat enam Kecamatan di Kabupaten Bandung Barat terdampak kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Enam Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Ngamprah, Cililin, Cikalongwetan, Parongpong, Cipongkor dan Gununghalu.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Barat, Duddy Prabowo mengatakan, dengan kondisi tersebut BPBD akan menetapkan status siaga kekeringan mulai 1 Agustus hingga 31 Oktober 2019 mendatang.

“Karena tidak menutup kemungkinan akan bertambah, karena datanya masih berproses supaya jelas titik drooping airnya. Sejauh ini distribusi air baru ke satu Kecamatan, yakni di Ngamprah,”kata Duddy saat ditemui usai rapat koordinasi Forkopimda di Gedung Setda Kabupaten Bandung, Ngamprah, Selasa (30/7/2019).

Dudy mengatakn, penetapan status siaga juga hasil dari kesepakatan Pemkab Bandung Barat dengan Pemprov Jawa Barat. Penetapan statis siaga kekeringan didasari hasil rapat koordinasi (rakor) di BPBD Jawa Barat dan surat edaran Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Berdasarkan data yang dirilis BMKG, puncak musim kemarau tahun ini terjadi pada Agustus sampai September, dan akan berakhir Oktober mendatang,” ujar Duddy.

Menurut Dudy, untuk mengantisipasi permintaan air bersih, pihaknya sudah menyiapkan lima unit armada mobil tangki air. Masing-masing satu unit milik BPBD, tiga unit dari UPTD Pertamanan, satu unit dari PMI dan tambahan satu unit dari Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Baca Juga:   Paket Bansos Beras Tahap 2 di KBB Mulai Disalurkan Hari Ini

“Jadi kami mendapatkan support dari pihak lainnya apabila memang memerlukan dukungan air bersi. Secara koordinasi pun, kami biasanya sumber air dari PDAM dan juga BUMD,” katanya.

Ia menambakan, pada intinya Pemerintah Daerah sudah siap untuk melakukan berbagai antisipasi dampak dari kekeringan yang kemungkinan terjadi selama status siaga berlangsung.

“Artinya siaga darurat kekeringan ini baik sumber daya manusia dan peralatan siap setiap saat. Koordinasi antar dinas terkait pun berjalan, termasuk ketika adanya laporan yang masuk terkait permintaan air bersih,” ujarnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password