Mengenal Lebih Jauh Batik ASN KBB yang Punya Makna Filosofi Mendalam Bagi KBB

Bosscha.id

Bosscha.id– Pemenang desain lomba batik Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bandung Barat, Mohamad Arip menjelaskan, karya batik yang dibuatnya memiliki filosofi yang berhubungan erat dengan Kabupaten Bandung Barat. Menurutnya, simbol tangan yang sedang bersalaman menggambarkan sinergisitas ASN di semua sektor demi terwujudnya pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Sementara, símbol bulatan dan 16 titik pada bagian tengah menggambarkan target ASN untuk pelayanan maksimal di 16 Kecamatan di KBB,” kata Arip, di Padalarang, Kamis (25/7/2019).

Batik ASN KBB karya Mohamad Arip/ Bosscha.id

Secara sederhana, makna dari batik itu sendiri adalah pewarnaan yang dilakukan di atas kain. Selain itu Arip menjelaskan, simbol tangan yang sedang bersalaman dengan motif yang berbeda-beda menggambarkan AKUR atau rukunnya masyarakat KBB.

“Meskipun dengan keberagaman baik itu sosial, budaya, suku dan politik. Sementara daun di tengah agar ASN KBB harus dapat melayani masyarakat dengan penuh semangat dan ikhlas,” katanya.

Batik ASN KBB karya Mohamad Arip/ Bosscha.id

Arip pun berharap hasil karyanya dapat bermanfaat bagi daerah.

“Bersyukur bisa berpartisipasi dan mendapatkan penghargaan dari pemerintah AKUR,” ujar Arip seraya menyebut membuat konsep dengan waktu hanya 10 hari. 

Baca Juga:   Krisis Regenerasi, Pemkab Bandung Barat Ajak Kaum Muda Jadi Petani Milenial

Sebelumnya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bandung Barat Yuyun Yunangsih Umbara mengatakan, batik karya Mohamad Arip itu akan digunakan oleh ASN.

“Sayembara sudah lama dilakukan, sekarang memang baru dipamerkan. Dan Insya Allah bisa digunakan seragam untuk ASN KBB,” ang juga menjadi juri dalam perlombaan tersebut.


Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password