Siapa yang Pantas Jadi Ketua DPRD KBB?

Ilustrasi: Bosscha.id

Bosscha.id– Berdasarkan hasil Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Hasil Pemilu 2019, PKS menjadi partai peraih suara terbanyak yakni 8 kursi.

Sebagai partai yang paling banyak memperoleh suara, PKS berhak menempatkan kadernya di pucuk pimpinan dewan. Pengisian posisi tertinggi di DPRD tersebut juga didasari atas UU MD3 dimana posisi Ketua DPRD diisi oleh partai yang meraih suara terbanyak.

Hingga kini, ada dua nama yang dimunculkan oleh DPD PKS KBB untuk jabatan tersebut.

“Namun begitu, kami belum bisa menyampaikan dua nama tersebut. Yang pasti sebelum 5 Agustus sudah ada keputusan nama yang akan mengisi posisi Ketua DPRD dan Ketua Fraksi,” ungkap Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PKS Kabupaten Bandung Barat, Bagja Setiawan, Senin (22/7/2019).

Menurut Bagja, yang memutuskan siapa yang akan menjadi Ketua DPRD adalah DPW dan DPP PKS. Dua nama itu tentunya sudah memiliki rekomendasi. Seperti nilai, kapabilitas loyalitas, lalu nilai kepribadiannya juga menjadi pertimbangan.

“Karena untuk pengajuan nama itu disampaikan melalui rapat pleno dewan pimpinan daerah tidak hanya unsur ketua dan struktural namun dilakukan secara musyawarah bersama. Memang sudah ada pemetaan struktur untuk pengisian jabatan calon Ketua DPRD dan Ketua Fraksi PKS di DPRD,” ungkapnya.

Bagja mengatakan saat ini ada beberapa PR (pekerjaan rumah) yang harus segera diselsaikan. Diantaranya, mereformasi sistem pelayanan dan aspirasi masyarakat melalui sistem digitalisasi.

“Bukan hanya itu saja, di DPRD juga kita ingin mengawal jalannya program kepemimpinan AKUR. Intinya, kita ingin lembaga ini bisa jauh lebih kompak dan solid soal rencana ke depan,” kata Bagja.

Baca Juga:   Mampukah Petani KBB Ambil Peluang Bisnis di Era Pandemi Covid-19?
Ketua DPRD KBB 2019-2024/ Bosscha.id

Hasil Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Hasil Pemilu 2019, PKS menjadi partai peraih suara terbanyak yakni 8 kursi. Disusul oleh Partai Gerindra dan PDIP sebanyak 7 kursi, Partai Demokrat, PAN, PKB dan Golkar 5 kursi, Nasdem 4 kursi, PPP 3 kursi dan Perindo 1 kursi.

“Rapat pleno ini berjalan lancar dan sukses yang dihadiri oleh 11 partai politik,” sebut Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat, Adie Saputro.

Adie menambahkan, dasar dilakukan rapat pleno ini atas Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 1027 Soal Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Hasil Pemilu 2019 dan Lampiran Surat MK (Mahkamah Konstitusi) Nomor 1184.

“Di Jabar ini ada 14 kota/kabupaten kota yang tidak melakukan gugatan ke MK sehingga atas dasar surat KPU itu maksimal penetapan rapat pleno selama lima hari sejak 17 Juli hingga 22 Juli, kebetulan KBB di hari terakhir ini,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password