Sejarah 22 Juli : Matinya John Dillinger Penjahat Paling Berbahaya di Dunia

Sejarah 22 Juli : Matinya John Dillinger Penjahat Paling Berbahaya di Dunia 18
John Herbert Dillinger dan Gang nya, sumber foto : bloximages.chicago2

Bosscha.id– Tepat 22 Juli matinya seorang perampok besar di A.S  John Herbert Dillinger menjadi perbincangan. Selama awal 1930-an, John Dillinger dianggap sebagai penjahat berbahaya yang terlibat dalam tindakan kriminal seperti perampokan terhadap 24 bank, pembunuhan terhadap petugas polisi serta penyerangan empat kantor polisi, dua kali melarikan diri dari penjara, dan menganggap dirinya sebagai Robin Hood era modern. 

John Herbert Dillinger

John Herbert Dillinger. Jr, lahir di Oak Hill, Indianapolis, Indiana. Ia adalah anak termuda dari dua bersaudara dari pasangan John Wilson Dillinger (1864-1943) dengan Mary Ellen “Mollie” Lancaster (1860-1907). Menurut sejumlah penulis biografi, dan kakeknya, Mathias Dillinger berimigrasi ke Amerika sekitar tahun 1851 dari Metz, Perancis yang berbahasa Jerman, di wilayah Aisace-Lorraine yang kemudian dikuasai Perancis. Mathias Dillinger lahir di Jerman-Prusia, wilayah Gisingen dekat Dillingen di Saarland.

Sejarah 22 Juli : Matinya John Dillinger Penjahat Paling Berbahaya di Dunia 19
John Herbert Dillinger, Sang Perampok Legendaris. Bosscha.id

Sebagai remaja, Dillinger sangat nakal dan bermasalah dengan hukum karena sering berkelahi, mencuri dan dicatat atas ‘perilaku menyimpangnya’, sering mengganggu anak kecil. Ia keluar sekolah untuk bekerja di sebuah toko mesin di Indianapolis. Meski ia bekerja keras dalam pekerjaannya ia sering keluar dan berpesta pada malam harinya. Ayahnya takut bahwa kota itu telah mempengaruhi anaknya, mendorong dirinya untuk memindahkan keluarganya ke Mooresville, Indiana kira-kira ditahun 1920an. Sifat liar dan kebiasaannya mencuri tetap tak hilang kendati sudah pindah ke pedalaman. Ia ditahan karena mencuri dan hubungan dengan ayahnya menjadi renggang.

Masa Dalam Penjara

Dillinger merasakan akibat dari gaya hidupnya yang penuh kejahatan di dalam penjara Michigan city negara bagian Indiana. Menurut sumber dari penjara yang mengutip perkataan Dillinger, ” Aku akan menjadi bajingan paling jahat yang pernah kalian lihat, ketika aku keluar dari sini.”

Ayah Dillinger mengkampanyekan agar ia dapat segera dibebaskan, dan berhasil mendapatkan 188 tanda tangan dalam sebuah surat petisi. Dan Dillinger akhirnya mendapat pembebasan bersyarat pada 10 mei 1933. Setelah menjalani masa hukuman 8 setengah tahun. 

Dibebaskan dalam masa depresi besar di Amerika, ia hanya punya kesempatan kecil untuk mendapat pekerjaan. Ia pun kembali melakukan tindak kejahatan, dan pada 14 agustus ia merampok bank di Bluffton, Ohio. Polisi melacaknya dari Dayton, Ohio dan ia tertangkap. Setelah dalam penyelidikan intensif sebelum dijebloskan ke penjara. Polisi menemukan dokumen tentang usaha untuk meloloskan diri dari penjara. Polisi meminta Dillinger mengatakan sejujurnya tapi ia memilih diam dan menolak menjawab.

Baca Juga:   Tahu dan Tempe, Mana yang Lebih Bergizi?

Perampokan Bank

Dillinger dan gengnya pada saat itu mulai melakukan perampokan bank di seantero Indiana. Bank pertama yang dirampoknya adalah The National Bank di New Carlisle, Ohio dan berhasil membawa uang $ 16.000, pada 10 juni 1933. Sepanjang aksi Dillnger selalu menyamar sebagai sales representatif yang sedang menawarkan system alarm untuk gedung bank. Pada waktu masuk ke dalam bank tersebut, Dillinger mempelajari situasi dari target sasaran. Di lain waktu geng itu berpura-pura menjadi kru dari perusahaan film yang sedang mencari lokasi pengambilan gambar untuk sebuah film tentang “perampokan bank”.

Dillinger serta gengnya secara total diperkirakan telah merampok uang lebih dari $ 300.000 pada masa nya.

Daftar Bank Yang Pernah Dirampok Dillinger Diantaranya : 

1. The Comercial Bank di Daleville, Indiana tanggal 19 juli 1933 yang kehilangan $ 3.500.

2. The Montpellier National Bank di Montpellier, Indiana pada 4 agustus 1933 dan mengalami kerugian $ 6.700.

3. The Massachusets Avenue State Bank di Indianapolis, Indiana pada 6 september 1933 dan kehilangan $21.000.

4. The Central National Bank & Trust .Co di Green Castle, Indiana pada 23 oktober 1933, kehilangan $ 74.000.

5. The American Bank $ Trust .Co di Racine, Wisconsin pada 20 nopember 1933, mengalami kehilangan $ 28000.

6. The Unity Trust $ Savings Bank di Chicago, Illinois pada 13 desember 1933, kehilangan $ 8700.

7. The First National Bank di East Chicago, Indiana pada 15 januari 1934, kehilangan $ 20.000.

8. The Securities National Bank & Trust .Co di Sioux Falls, South Dakota pada 6 maret 1934, kehilangan $ 49.500.

9. The First National Bank di Mason City, Iowa pada 13 maret 1934, kerugian $ 52.000.

10. The First National Bank di Fostoria, Ohio pada 4 mei 1934, kerugian $ 17.000.

11. The Merchants National Bank di South Bend, Indiana pada 30 juni 1934, mengalami kerugian $ 29.890.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password