Waspada, Aplikasi FaceApp Kini Diincar Hacker

Foto sejumlah tokoh dunia yang diedit di FaceApp/ Getty Image.

Bosscha.id- Anda tertarik pakai aplikasi wajah tua FaceApp? Waspadalah sebab bahaya sedang mengintai karena ada hacker yang sedang mengincar Anda.

Mengutip CNBC Indonesia, Jumat (19/7/2019), perusahaan Anti virus, Kaspersky mengindentifikasi ada aplikasi palsu yang dirancang untuk menipu pengguna. Pengguna dikelabui agar berpikir itu adalah versi bersertifikat FaceApp tetapi terus menginfeksi perangkat korban dengan modul adware yang disebut MobiDash. Artinya ada bahaya FaceApp palsu.

Setelah aplikasi diunduh dari sumber tidak resmi dan diinstal, itu mensimulasikan kegagalan dan kemudian terhapus. Setelah itu, modul berbahaya dalam aplikasi memasuki perangkat pengguna secara diam-diam dan menampilkan iklan.

Menurut data Kaspersky, sekitar 500 pengguna unik telah menemui masalah dalam dua hari terakhir dengan deteksi pertama muncul pada 7 Juli 2019. Ada hampir 800 modifikasi modul berbeda yang telah diidentifikasi, seperti dikutip dari keterangan resmi Kaspersky, Jumat (19/7/2019).

Menurut Igor Golovin, peneliti keamanan di Kaspersky, orang-orang di belakang MobiDash sering menyembunyikan modul adware mereka dengan kedok aplikasi dan layanan populer. Ini berarti bahwa kegiatan FaceApp versi palsu dapat meningkat, terutama jika kita berbicara tentang ratusan target hanya dalam beberapa hari.

“Kami menyarankan segera pengguna untuk tidak mengunduh aplikasi dari sumber tidak resmi dan menginstal solusi keamanan pada perangkat mereka untuk menghindari kerusakan,” katanya.

Jadi hati-hati bahaya FaceApp palsu. Jangan sampai tertipu!

Source: CNBC Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password