Kaum Difabel Berprestasi di Bandung Barat Segera Didata

Penyandang difabel berprestasi di Bandung Barat segera didata. Bosscha.id

Bosscha.id– Dinas Sosial Kabupaten Barat akan melakukan pendataan terhadap penyandang disabilitas yang berprestasi di Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan data Dinsos KBB saat ini, jumlah penyandang disabilitas mencapai angka 5.726 orang.

“Mulai dari difabel yang berprestasi di tingkat Nasional hingga Internasional kita akan data. Tak terkecuali untuk difabel yang lainnya,” kata Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat Sumarman, di Ngamprah, Jumat (5/7/2019).

Sumarman mengatakan, untuk pendataan disabilitas berprestasi pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan. Pendataan, kata Sumarman, sengaja dilakukan untuk memberikan pemberdayaan, penghormatan, dan pemajuan bagi penyandang disabilitas. Apalagi, di Bandung Barat cukup banyak para difabel yang berpotensi mengharumkan nama daerah di tingkat Nasional ataupun Internasional.

“Seperti di Asean Games lalu, atlet difabel di Bandung Barat juga ada yang ikut. Selain itu, ada juga Rahmat Hidayat, yang karyanya pun mampu mengharumkan nama daerah di kancah nasional,” ungkapnya.

Sumarman mengatakan, pemerintah daerah terus mendukung kemampuan penyandang disabilitas diantaranya dengan memberikan bantuan dan pelatihan kepada mereka.

Baca Juga:   Libur Panjang, Bupati Aa Umbara Wanti-wanti Pengelola Objek Wisata Bahaya Covid-19

“Diantaranya, kami memberikan bantuan seperti kursi roda, kaki palsu, tangan palsu, alat pendengar dan tongkat ketiak. Para difabel juga kami berdayakan. Jika ada usaha bertani kita bantu berikan alat pertanian. Sedangkan untuk peternakan diberiakn bantuam seperti bibit,” paparnya.

10 perusahaan siap membantu mengembangkan potensi penyandang difabel. Bosscha.id

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat berkomitmen akan membantu meningkatkan taraf ekonomi para disabilitas. Rencananya, pemerintah daerah akan menggandeng sejumlah perusahaan agar mau memfasilitasi para disabilitas dalam menyalurkan potensi yang dimilikinya.

“Kami berkomitmen akan membantu perekonomian berbasis disabiltas. Sekarang pun sudah ada 10 perusahaan yang membantu untuk mengembangkan para disabillitas ini,” kata Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna belum lama ini.**

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password