KOMISI IV DPRD KBB: Terbitkan 10 Perda untuk Dukung Kesejahteraan Rakyat

KOMISI IV DPRD KBB: Terbitkan 10 Perda untuk Dukung Kesejahteraan Rakyat 19

KOMISI IV DPRD Kabupaten Barat selama ini telah berhasil menerbitkan regulasi-regulasi yang berfokus pada bidang kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bandung Barat.  

Menurut Ketua Komisi IV DPRD KBB, Iwan Ridwan sebagai lembaga legislatif yang menjadi media pemerjuang aspirasi masyarakat, sehingga DPRD dalam hal ini Komisi IV senantiasa fokus mengawal pemerintah daerah dalam melaksanakan segenap kebijakan agar dapat mencapai sasaran yang diharapkan, yakni terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Oleh sebab itu, selama periode 2014-2019, telah banyak Perda yang kami lahirkan, yang menjadi payung hukum bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunannya, agar lebih berpihak pada masyarakat, sehingga meningkatnya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bandung Barat dapat tercipta,” katanya di Padalarang, Kamis (4/7/2019).

Iwan menyebutkan, selama periode 2014-2019, secara total Komisi IV telah melahirkan 10 Perda. Seperti di tahun 2014, Komisi IV telah melahirkan Perda Retribusi Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing yang ditetapkan dan diundangkan pada 30 Oktober 2014.

KOMISI IV DPRD KBB: Terbitkan 10 Perda untuk Dukung Kesejahteraan Rakyat 20
Anggota Komisi IV DPRD KBB

Sementara di tahun 2015, Iwan mengatakan, Komisi IV melahirkan Perda Penyelenggaraan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang ditetapkan dan diundangkan pada 10 April 2015. 

“Kemudian setahun berikutnya, diterbitkanlah Perda Kawasan Tanpa Rokok yang ditetapkan dan diundangkan pada 10 Juni 2016,” kata Iwan. 

Masih di tahun yang sama, menurut Iwan Komisi IV kembali melahirkan Perda.  Adapun Perda yang yang diterbitkan yaitu Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik dan Retribusi Penyediaan dan/atau Penyedotan Kakus yang ditetapkan dan diundangkan pada 22 Desember 2016.

Baca Juga:   Aa Umbara Buka Ruang Komunikasi Publik Lewat Website Pribadi

Sementara itu, di tahun 2017, Komisi IV menerbitkan 4 Perda, yakni Perda Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS yang ditetapkan dan diundangkan pada 16 Juni 2017. 

“Selanjutnya diterbitkan Perda Pembiayaan Transportasi Jemaah Haji yang ditetapkan dan diundangkan pada 16 Juni 2017,” ujarnya.

“Tiga bulan berikutnya, kami di Komisi juga melahirkan Perda Perubahan Atas Perda Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Bandung Barat yang ditetapkan dan diundangkan pada 12 September 2017,” ungkapnya.

KOMISI IV DPRD KBB: Terbitkan 10 Perda untuk Dukung Kesejahteraan Rakyat 21
Perda yang dihasilkan Komisi IV DPRD KBB/Bosscha.id

Iwan menambahkan, dalam menutup tahun 2017, Komisi IV melahirkan Perda Penyelenggaraan Perpustakaan yang ditetapkan dan diundangkan pada 28 Desember 2017. Setahun berikutnya, Komisi IV telah melahirkan Perda Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan yang ditetapkan dan diundangkan pada 6 September 2018.

“Selang satu bulan, Komisi IV melahirkan Perda Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Asal Daerah Kabupaten Bandung Barat yang ditetapkan dan diundangkan pada 1 Oktober 2018. Selain itu Komisi IV sampai saat ini selalu mendorong pemeerinta daerah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan serta sektor lain sesuai bidang tugas Komisi,” paparnya. Advertorial

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password